comscore

Mendag Ungkap Cara Keluar dari Middle Income Trap

Annisa ayu artanti - 23 Februari 2022 13:11 WIB
Mendag Ungkap Cara Keluar dari <i>Middle Income Trap</i>
Menteri Perdagangan M Lutfi - - Foto: Medcom
Jakarta: Menteri Perdagangan M Lutfi membeberkan cara agar Indonesia keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah (middle income trap) menuju negara berpenghasilan tinggi.

Pertama, angka GDP harus naik tiga kali lebih besar dibandingkan posisi saat ini. Salah satunya dengan jalan transformasi Indonesia dari negara penjual barang mentah setengah jadi menjadi penjual barang industri dan industri berteknologi tinggi.
"Bagaimana kita bisa melipatkan GDP kita yang sekitar Rp4.000 triliun untuk menjadi Rp12.500 triliun untuk keluar dari middle income trap menjadi negara dengan pendapatan tinggi," katanya dalam acara Gambir Trade Talk 2022, Rabu, 23 Februari 2022.


Kemudian, Indonesia dapat memanfaatkan bonus demografi yang diprediksi akan berakhir pada 2038 hingga 2040. Berdasarkan hasil studi, suatu negara tidak akan bisa keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah jika jumlah orang tua lebih banyak dari pada orang-orang muda.

"Di samping itu juga untuk menjadikan keluar dari kelas menengah ini, kita musti mentigakalilipatkan GDP sebelum demografi bonus kita berakhir," tuturnya.

Di sisi lain, pembangunan infrastruktur di era Presiden Joko widodo sangat gencar dilakukan sehingga akan menekan biaya logistik. Infrastruktur dan teknologi yang tersedia bisa mengerek pertumbuhan dan pendapatan Indonesia secara eksponensial.

"Adanya transformasi teknologi kita akan bisa menaikan secara eksponensial dari pada trajectory pertumbuhan dan pendapatan perkapita Indonesia," jelasnya. 

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id