comscore

Realisasi Belanja Kesehatan Rp220,4 Triliun, Terbesar untuk Perawatan Pasien Covid-19

Eko Nordiansyah - 21 Desember 2021 15:12 WIB
Realisasi Belanja Kesehatan Rp220,4 Triliun, Terbesar untuk Perawatan Pasien Covid-19
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencatat realisasi belanja kesehatan hingga akhir November 2021 mencapai Rp220,4 triliun. Realisasi belanja kesehatan mengalami pertumbuhan 61,4 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Ia mengatakan, salah satu manfaat dari belanja kesehatan ini adalah untuk klaim perawatan pasien covid-19 selama 2021. Hingga akhir November 2021, pemerintah telah membayarkan klaim perawatan bagi 768,9 ribu pasien yang terkena covid-19.
"Ini terutama terjadi pada saat varian delta, kita mengalami lonjakan tinggi itu ongkosnya terhadap APBN luar biasa besar hampir mencapai Rp50 triliun, atau Rp49,6 triliun pasien covid yang harus dibayar oleh APBN," kata dia dalam video conference, Selasa, 21 Desember 2021.

Selain itu, belanja kesehatan juga digunakan untuk pengadaan vaksin covid-19 sebanyak 284,1 juta dosis dengan anggaran mencapai Rp26 triliun. Pada Oktober belanja vaksin sebesar Rp1,7 triliun, sedangkan November mencapai Rp3,2 triliun.

Ia menambahkan, pemerintah juga tetap memberikan insentif bagi tenaga kesehatan (nakes), yang terdiri dari 1,3 juta nakes di pusat dengan realisasi sebesar Rp8,9 triliun dan 417,2 ribu nakes di daerah dengan realisasi sebesar Rp6,1 triliun.

"Kita juga masih membantu dalam bentuk PBI JKN bagi 96,5 juta rakyat Indonesia yang dibantu iuran dari BPJS Kesehatannya (Rp38,4 triliun) dan untuk kelas III kita masih membantu 34,7 juta dengan sedikit bantuan iuran (Rp1,4 triliun)," ungkapnya.

Sri Mulyani menyebut, pemerintah juga tetap memberikan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dan Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) yang realisasinya tercatat sudah sebesar Rp9,5 triliun hingga akhir November 2021.

"Jadi kalau kita lihat sampai November ini mayoritas belanja kesehatan melalui Kementerian Kesehatan, namun juga melalui kementerian lain ada BKKBN, BPOM, Polri, BNPB, Kominfo, bahkan Kementerian PUPR untuk membangun fasilitas kesehatan," pungkas dia.
 

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id