Belanja Negara Diprediksi Bertambah Rp1.306,7 Triliun di Semester II

    Eko Nordiansyah - 09 Juli 2020 20:22 WIB
    Belanja Negara Diprediksi Bertambah Rp1.306,7 Triliun di Semester II
    Ilustrasi. Foto: Antara/Sigid Kurniawan
    Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut belanja pemerintah pada semester II-2020 akan mengalami lonjakan hingga Rp1.306,7 triliun. Artinya belanja pemerintah untuk tahun ini diprediksi akan mencapai Rp1.975,2 triliun, karena pada semester I belanja negara sudah sebesar Rp668,5 triliun.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kenaikan belanja sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo. Presiden sebelumnya telah meminta agar para menteri dan kepala daerah untuk mempercepat realisasi belanja agar bisa menstimulus perekonomian.

    "Belanja negara akan terakselereasi karena seluruh menteri dan (kepala) daerah akan tingkatkan belanja. Kami perkirakan akhir tahun bertambah Rp1.306,7 triliun di semester II, sehingga total Rp1.975,2 triliun," kata dia dalam rapat dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR di Jakarta, Kamis, 9 Juli 2020.

    Sri Mulyani memperkirakan belanja pemerintah pusat akan melonjak, terdiri dari belanja kementerian/lembaga (K/L) sebesar Rp486 triliun dan belanja non K/L Rp820,7 triliun. Kenaikan ini disebabkan belanja penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi yang lebih besar.

    "Terutama, pada sektor kesehatan seperti akselerasi insentif tenaga medis, alat kesehatan, hingga perawatan pasien covid-19. Kemudian, untuk perlindungan sosial melalui program keluarga harapan, sembako, dan bansos tunai," jelas dia.

    Untuk belanja K/L di semester II terdiri dari belanja pegawai yang naik mencapai Rp142,6 triliun, belanja barang Rp271,2 triliun, belanja modal Rp99,7 triliun, dan belanja bansos Rp71,3 triliun. Sedangkan belanja non K/L antara lain pembayaran bunga utang Rp338,8 triliun dan subsidi Rp192 triliun.

    Selain itu, belanja negara juga didukung oleh realisasi transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp763,9 triliun, terdiri dari transfer ke daerah Rp692,7 triliun dan dana desa sebesar Rp71,2 triliun.
     

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id