Dana Desa Bisa Dipakai Tangani Korona

    Eko Nordiansyah - 20 Maret 2020 19:22 WIB
    Dana Desa Bisa Dipakai Tangani Korona
    Ilustrasi dana desa - - Foto: Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah mengizinkan penggunaan dana desa untuk menangani virus korona (covid-19) di desa-desa. Hal ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo yang mengutamakan penggunaan anggaran dalam penanganan pandemi korona.

    "Presiden instruksikan agar dana desa Rp72 triliun untuk desa yang jadi pusat cluster penyebaran akan kita redesign (penggunaan anggaran)," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam video conference di Jakarta, Jumat, 20 Maret 2020.

    Ani menjelaskan bagi desa yang tidak menghadapi masalah korona tetap menjalankan programnya tanpa perubahan. Nantinya, Kementerian Keuangan akan berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa.

    "Presiden instruksikan tidak semua daerah mengalami hal yang sama. Tapi dana yang ada harus bisa dipakai untuk membantu masyarakat dan membantu pemerintah sampai dengan tataran aparat desa dalam respon penanganan covid ini," jelas dia.

    Di samping itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku bagian dari gugus tugas penanganan covid-19 akan melakukan sosialisasi hingga ke daerah. Termasuk ke masyarakat di pedesaan agar berkerja sama menangani korona.

    Pemerintah juga akan merelokasi Rp62,3 triliun dari anggaran belanja kementerian/lembaga (K/L) untuk penanganan virus korona. Tak hanya itu, pemerintah pusat juga mendorong pemerintah daerah memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)-nya.

    "Kita minta APBD daerah untuk diprioritas kembali, khususnya untuk lima provinsi di Jawa yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Mereka paling besar konsentrasi dari terjadinya, mungkin mereka APBD-nya provinsi kabupaten/kota kita minta respon, sehingga beban bisa dilakukan bersama-sama," pungkasnya.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id