Apindo: Target Ekonomi 2021 Terlalu Ambisius

    Antara - 14 Agustus 2020 19:45 WIB
    Apindo: Target Ekonomi 2021 Terlalu Ambisius
    Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani - - Foto: Antara/ Widodo S. Jusuf
    Jakarta: Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menilai target pertumbuhan ekonomi sebesar 4,5-5,5 persen pada 2021 terlalu ambisius. Pasalnya, ekonomi Indonesia tahun depan diprediksi belum pulih seutuhnya.
     
    "Menurut saya, terlalu ambisius, dalam situasi normal pada 2019 tumbuh 5,02 persen, itu belum ada pandemi. Sekarang dengan pandemi, ini kita masih struggle untuk kuartal III-2020, berusaha agar tidak turun lebih dalam lagi. Kalaupun minus, mungkin minus dua persen (kuartal III)," katanya dikutip dari Antara, Jumat, 14 Agustus 2020.

    Hariyadi menyebut butuh upaya luar biasa dari pemerintah untuk mencapai target tersebut. Ia pun memperkirakan ekonomi tahun depan tumbuh positif di kisaran dua persen.

    "Kendala utama memang saat covid-19 ini. Selama belum bisa dituntaskan, kita dibayangi kondisi yang menghambat. Makanya target itu ambisius. Perkiraan kami, bisa plus dua persen saja sudah bagus," terangnya.

    Hariyadi menambahkan pemerintah perlu mendorong daya beli masyarakat dengan mengalokasikan bantuan sosial patut diapresiasi. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi dapat terdongkrak melalui konsumsi rumah tangga yang memang jadi kontributor utama.

    "Tapi, ini belum cukup kuat untuk membangkitkan ekonomi kita sebesar yang ditargetkan tadi yaitu 4,5-5,5 persen," pungkasnya. 

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id