Pembeli SBN Ritel Mayoritas Perempuan dan Milenial

    Desi Angriani - 08 Agustus 2019 14:38 WIB
    Pembeli SBN Ritel Mayoritas Perempuan dan Milenial
    Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)



    Jakarta: Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman menyebut pembeli surat berharga negara (SBN) ritel didominasi oleh perempuan dan kaum milenial.

    "Survei menunjukkan pembeli SBR ritel kita didominasi perempuan sebesar 54 persen. Mungkin karena yang megang duit ibu-ibu ya," ujarnya saat meluncurkan sukuk tabungan negara tabungan seri ST005 di Auditorium DJPPR, Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2019.






    Sementara itu, investor milenial meningkat dari 13 persen menjadi 52 persen setelah pemerintah menawarkan pembelian obligasi tersebut secara online (e-SBN).

    Peningkatan pembeli milenial tersebut dilihat dari total 229 investor yang kembali membeli Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR007. Volume pemesanannya mencapai Rp3,21 triliun atau melebihi target indikatif Rp2 triliun.

    "Sekarang pas sudah online jadi 51-52 persen milinealnya, memang ini sesuai dengan persetujuan kita," ungkap Luky.

    Adapun dari sisi volume pemesanan, kelompok Baby Boomers merupakan yang terbesar, yaitu mencapai 41,73 persen dari total volume pemesanan atau Rp1,34 triliun.

    Berdasarkan kelompok profesi, jumlah investor terbesar adalah pegawai swasta yang mencapai 38,43 persen, selanjutnya kelompok Wiraswasta dan PNS/TNI/Polri masing-masing sebesar 19,14 persen dan 10,29 persen.

    Untuk volume pemesanan, kelompok profesi wiraswasta adalah yang terbesar mencapai 36,68 persen, disusul oleh pegawai swasta dan ibu rumah tangga masing-masing sebesar 28,46 persen dan 13,70 persen.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id