• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 23 NOV 2018 - RP 51.179.914.135

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Indonesia Peringkat 87 di Indeks Modal Manusia

Suci Sedya Utami - 11 Oktober 2018 18:56 wib
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Presiden
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim (kiri) -- Foto: Antara/ Agung Rajasa

Nusa Dua: Bank Dunia menerbitkan indeks modal manusia (human capital index) di sela-sela pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Bali. Indonesia mendapat skor 0,53 atau menempati peringkat 87 dari 157 negara.

Indeks tersebut mengukur jumlah modal manusia yang diharapkan dapat dimiliki seorang anak sejak lahir hingga usia 18 tahun. Penilaiannya dengan mempertimbangkan kualitas dan cakupan kesehatan serta pendidikan di negaranya.

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mengatakan skor yang diperoleh Indonesia tidak terlepas dari upaya pemerintah dalam membangun sumber daya manusia. Di samping itu, pemerintah juga meningkatkan kesehatan dan pendidikan anak yang akan menjadi sumber produktivitas pertumbuhan ekonomi.

"Stunting, kekurangan kualitas dalam bidang pendidikan, adalah tanggung jawab bersama. Jangan sampai ada yang mengatakan tidak tahu perkembangan masalah ini. Bila itu yang terjadi, Anda sedang menyiapkan generasi yang tidak berkualitas untuk masa depan negara Anda," kata Kim, di Nusa Dua, Bali, Kamis, 11 Oktober 2018.

Menurutnya, reformasi kebijakan menjadi hal yang penting dilaksanakan. Pemerintah Indonesia telah meluncurkan dan mengimplementasikan program besar untuk mengurangi stunting.

Strategi Nasional untuk mempercepat pencegahan stunting senilai USD14,6 miliar diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada Agustus 2017 lalu. Strategi tersebut akan memberi manfaat bagi 48 juta ibu hamil dan anak-anak di bawah usia dua tahun dalam empat tahun ke depan.

"Investasi ini sudah meningkatkan akses keluarga Indonesia pada paket layanan berkualitas. Mulai dari kesehatan dan gizi hingga pendidikan dan sanitasi," ungkap dia.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Rodrigo A Chaves mengatakan investasi pemerintah untuk modal manusia menjadi kunci bagi pertumbuhan dan produktivitas Indonesia.

Ia bilang Indonesia melakukan hal yang tepat dengan menerapkan reformasi guna mengurangi stunting serta meningkatkan kesehatan dan pendidikan.

“Saya memuji kepemimpinan dan tindakan pemerintah yang kuat dalam agenda modal manusia dan untuk mengatasi tantangan ini dengan sangat serius,” kata Rodrigo.

Dengan memiliki skor 0,53 berarti seorang anak yang lahir di Indonesia memiliki produktivitas mencapai 53 persen dari apa yang bisa dicapai. Dengan catatan ia mendapat akses pendidikan yang lengkap dan kesehatan yang baik.

Adapun Indonesia memiliki kinerja yang jauh lebih baik dari rata-rata negara berpenghasilan menengah ke bawah yang mendapat skor rata-rata 0,48. Namun, Indonesia masih di bawah rata-rata negara Asia Timur dan Pasifik sebesar 0,62.

Skor tersebut mencerminkan Indonesia telah mencapai kemajuan besar dalam beberapa tahun terakhir meski masih terdapat defisit modal manusia.


(Des)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.