Pemulihan Ekonomi di Kuartal II Terancam Kenaikan Kasus Covid-19

    Eko Nordiansyah - 17 Juni 2021 11:21 WIB
    Pemulihan Ekonomi di Kuartal II Terancam Kenaikan Kasus Covid-19
    Ilustrasi. Foto: Dok.MI



    Jakarta: Pemerintah mewaspadai ancaman kenaikan kasus covid-19 yang terjadi beberapa waktu terakhir akan mengganggu pemulihan ekonomi nasional. Pasalnya jika pandemi kembali meluas, maka perekonomian kemungkinan akan terganggu.

    Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, pemerintah saat ini berhati-hati dan mewaspadai ancaman penyebaran covid-19 yang semakin meluas. Padahal pemerintah berharap kuartal II menjadi momentum agar ekonomi kembali positif.

     



    "Kami berharap pada kuartal II ini adalah periode untuk bisa mendukung serta mendorong pemulihan, tapi tentunya kita harus tetap waspada, terus berhati-hati," kata dia dalam webinar di Jakarta, Kamis, 17 Juni 2021.

    Suahasil menambahkan, pemerintah akan mengambil semua langkah untuk memastikan bahwa jumlah kasus covid-19 bisa dikurangi. Selain itu, peningkatan mobilitas masyarakat juga diharapkan tidak menambah tinggi jumlah infeksi covid-19.

    "Meski demikian kita melihat mobilitas masyarakat sejak Februari atau Maret tahun ini, mungkin sejak Maret mobilitas masyarakat semakin meningkat, Maret, April, Mei, dan Juni ada peningkatan yang cukup signifikan pada mobilitas masyarakat," ungkapnya.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya memproyeksikan pertumbuhan ekonomi akan kembali ke jalur positif pada kuartal II-2021. Bahkan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II ini diperkirakan bisa mencapai 7,1 sampai dengan 8,3 persen.

    Meski bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi, namun Sri Mulyani menyebut, proyeksi untuk keseluruhan tahun ini tidak berubah. Pemerintah masih memasang target pertumbuhan ekonomi antara 4,5 persen hingga 5,3 persen untuk tahun ini.

    "Keseluruhan tahun mungkin masih akan lebih modest karena kuartal I masih mengalami koreksi karena covid yang masih meningkat. Kita berharap kuartal III dan kuartal IV masih akan terakselerasi,"  kata dia dalam rapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Senin, 24 Mei 2021.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id