Tidak Lockdown, Pemerintah Fokus Penanganan Covid-19 Sekaligus Pemulihan Ekonomi

    Eko Nordiansyah - 23 Juni 2021 12:35 WIB
    Tidak <i>Lockdown</i>, Pemerintah Fokus Penanganan Covid-19 Sekaligus Pemulihan Ekonomi
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Pemerintah memilih untuk tidak mengambil langkah lockdown dalam menghadapi lonjakan kasus covid-19 yang terjadi beberapa waktu terakhir. Saat ini, pemerintah memilih opsi memperketat kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

    Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan, momentum pemulihan ekonomi sebetulnya sudah terlihat. Namun, karena ada kenaikan kasus covid-19, pemerintah kembali mengambil langkah tegas.

     



    "Ini momentum perlu dijaga, tapi pengendalian covid sangat penting sebab itu necessary condition untuk kita bisa pulih. Enggak akan kita bisa pulih tanpa penanganan covid, tanpa penurunan covid," kata dia dalam webinar di Jakarta, Rabu, 23 Juni 2021.

    Ia menambahkan, pemerintah tidak ingin mengabaikan aspek kesehatan hanya untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi. Apalagi Iskandar menilai pemulihan ekonomi tidak mungkin bisa dicapai apabila kasus covid-19 belum bisa ditangani.

    "Oleh karena itu saya imbau tetap dijaga 5M. Sebab ini semua juga perawat kesehatan, tenaga medis, bukan tenaga medis saja, kami dan aparatur juga sudah lelah. Mari kita bangun negeri kita ini untuk kita kendalikan covid dan agar kita bisa tumbuh," ungkapnya.

    Pada kuartal I-2021, Iskandar menyebut, sejumlah daerah telah menunjukan tren pemulihan ekonomi meski masih dalam zona negatif. Bahkan dibandingkan kuartal IV-2020, sudah ada 10 provinsi mencatat pertumbuhan ekonomi positif dari sebelumnya hanya ada tiga provinsi.

    "Sulawesi dan Papua sebab basis pertambangan dia masih positif. Sementara Jawa, Sumatera dan Kalimantan, Nusa Tenggara itu masih negatif pertumbuhan tapi kalau dilihat spasial masing-masing pulau dan masing-masing provinsi mengalami perbaikan," pungkas dia.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id