Jokowi Pamer Ekonomi RI di Peringkat 3 Negara G20

    Desi Angriani - 28 November 2019 12:02 WIB
    Jokowi Pamer Ekonomi RI di Peringkat 3 Negara G20
    Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Susanto.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo memamerkan ekonomi Indonesia berada di peringkat ke-3 besar negara G20. Negara-negara tersebut merepresentasikan 85 persen Produk Domestik Bruto (PDB) global dan dua pertiga populasi dunia.

    "Kita lihat di G20, pertumbuhan ekonomi Indonesia di posisi ranking ke-3 perlu kita syukuri dan kita sering lupakan," katanya dalam pembukaan Kompas 100 CEO Forum Tahun 2019 di Grand Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis, 28 November 2019.

    Jokowi mengungkapkan posisi Indonesia berada di bawah India dan Tiongkok. Artinya, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih lebih baik di tengah perlambatan global.

    "Rasa optimisme ini harus terus kita tebarkan jangan sampai kita dalam posisi memang semua negara tertekan dengan kondisi eksternal," ungkapnya.

    Menurutnya, banyak negara tumbuh stagnan bahkan mengalami resesi akibat perang dagang, persaingan geopolitik, isu Brexit hingga gejolak di Amerika Latin. Namun, Indonesia dapat menghadapi hantaman tersebut dengan memperkuat fiskal serta menjaga konsumsi dalam negeri.

    "Kalau konsentrasi menghadapi tantangan-tantangan internal yang kita hadapi kita optimistis pertumbuhan ekonomi kita semakin baik," terang mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

    Ia pun memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini di kisaran 5,04-5,05 persen. Proyeksi itu meleset dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 5,3 persen.

    "Saya kira pertumbuhan ekonomi kita tahun ini mungkin 5,04 persen atau 5,05 persen," pungkas dia.

    Adapun anggota G20 terdiri dari Amerika Serikat, Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Tiongkok, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, dan Uni Eropa.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id