comscore

Tinggal Sepekan, 8,75 Juta Wajib Pajak Sudah Lapor SPT Tahunan

Eko Nordiansyah - 26 Maret 2022 12:09 WIB
Tinggal Sepekan, 8,75 Juta Wajib Pajak Sudah Lapor SPT Tahunan
Ilustrasi pelaporan SPT Tahunan melalui e-Filing - - Foto: dok MI
Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mencatat jumlah wajib pajak yang telah menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan sebanyak 8,75 juta. Jumlah ini masih jauh dari target pelaporan SPT tahun ini yang mencapai 15,2 juta.

"Jumlah penerimaan SPT Tahunan per 25 Maret pukul 08.43 WIB kemarin sebanyak 8.756.564," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Neilmaldrin Noor kepada Medcom.id, Sabtu, 26 Maret 2022.

Ia menambahkan pelaporan SPT terdiri dari SPT orang pribadi sebanyak 8.507.380, dan sisanya merupakan SPT badan. Sementara wajib pajak yang menggunakan layanan elektronik untuk menyampaikan SPT-nya ada 8.413.075, sedangkan secara manual 343.489 atau hanya 3,87 persen.

Neilmaldrin menyebut, target yang ditetapkan oleh DJP merupakan target pelaporan SPT sampai dengan akhir tahun ini. Meskipun ia mengingatkan agar para wajib pajak segera menyampaikan SPT sebelum 31 Maret untuk SPT Orang Pribadi dan 1 April untuk SPT Badan.

"Target yang ditetapkan merupakan target sepanjang 2022. Kami terus optimis untuk mencapai target tersebut sebelum akhir 2022 nanti," ungkapnya.

Selain itu, DJP juga melakukan berbagai upaya untuk mendorong kepatuhan para wajib pajak dalam menyampaikan SPT. Terlebih wajib pajak bisa dikenakan sanksi apabila tidak melaporkan SPT atau terlambat, berupa denda Rp100 ribu untuk wajib pajak orang pribadi dan Rp1 juta untuk wajib pajak badan.

"Kami terus melakukan upaya-upaya sosialisasi, edukasi, persuasi, kampanye, dan panutan, menambah booth-booth informasi e-filing untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam hal ini diantaranya kepatuhan SPT Tahunan," pungkas dia.



(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id