Menkeu Pastikan THR dan Gaji ke-13 Kembali Normal di 2021

    Eko Nordiansyah - 15 Agustus 2020 10:47 WIB
    Menkeu Pastikan THR dan Gaji ke-13 Kembali Normal di 2021
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO: am2018bali
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun pensiunan akan kembali normal tahun depan. Perhitungan THR maupun gaji ke-13 akan mengikuti ketentuan yang ada.

    "Sesuai aturan, pemerintah akan mengembalikan lagi pemberian gaji ke-13 dan THR seperti tahun-tahun sebelumnya dengan perhitungan yang penuh sesuai dengan tunjangan kinerja (tukin)," kata dia dalam video conference di Jakarta, Jumat, 14 Agustus 2020.

    Tahun ini pemerintah hanya menggunakan komponen gaji dan tunjangan mengikat saja untuk THR dan gaji ke-13. Bukan hanya itu, pemberian THR dibatasi hanya untuk eselon III ke bawah sementara gaji ke-13 diberikan kepada seluruh tingkat PNS kecuali pejabat negara.

    Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021, pemerintah menyiapkan anggaran belanja kementerian/lembaga mencapai Rp1.029,8 triliun. Anggaran tersebut telah mempertimbangkan antara lain untuk menjaga tingkat kesejahteraan aparatur melalui pemberian gaji ke-13 serta THR.

    Selain itu, pemerintah juga akan mengendalikan jumlah pegawai. Hal ini dilakukan seiring dengan perubahan pola kerja dan proses bisnis serta melanjutkan efisiensi dengan menjaga peningkatan belanja barang.

    "Jumlah pegawai masih akan dikendalikan dengan adanya pola kerja dan proses bisnis karena adanya covid ini semakin efisien dan reformasi birokrasi akan tetap jalan," pungkas Sri Mulyani.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id