Kemenkeu RI-AS Perkuat Pembiayaan Infrastruktur dan Pasar Keuangan

    Antara - 19 September 2020 15:00 WIB
    Kemenkeu RI-AS Perkuat Pembiayaan Infrastruktur dan Pasar Keuangan
    Ilustrasi pembangunan infrastruktur - - Foto: MI/ Angga Yuniar
    Jakarta: Kementerian Keuangan RI dan Departemen Treasury AS menyepakati pembentukan kerja sama pembiayaan infrastruktur dan pembangunan pasar keuangan.

    Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari mengatakan komitmen itu merupakan upaya bersama kedua institusi untuk mendorong partisipasi swasta dalam mendukung proyek-proyek infrastruktur serta memfasilitasi pasar keuangan untuk pembiayaan infrastruktur.

    "Inisiatif kerja sama ini sangat relevan untuk menjawab permasalahan kebutuhan permodalan dalam rangka pembangunan infrastruktur di Indonesia," kata Rahayu dikutip dari Antara, Sabtu, 19 September 2020.

    Rahayu menambahkan kerja sama ini juga sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Terutama untuk mendorong partisipasi maupun investasi swasta dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur.


    Penandatanganan nota kesepahaman ini mencakup pengembangan pasar keuangan regional untuk investasi infrastruktur serta perumusan instrumen dan struktur pembiayaan untuk memfasilitasi dan mengurangi hambatan dalam investasi sektor swasta di bidang infrastruktur.

    Selama ini, katanya, Departemen Treasury AS mempunyai pengalaman dalam proses pembuatan skema-skema alternatif pembiayaan dari swasta, kajian proyek infrastruktur, maupun pemanfaatan pasar modal sebagai salah satu sumber pembiayaan infrastruktur.

    "Kerja sama ini juga diharapkan akan memberikan peningkatan kapasitas dalam pengelolaan aset, analisa dampak atas pembiayaan dan pengembangan fasilitas kredit. Selain itu, juga dukungan teknis penyiapan proyek infrastruktur yang berpotensi tinggi menarik partisipasi swasta," terang dia.


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id