Negara Dapat USD784 Juta dari Alih Kelola Blok Rokan

    Eko Nordiansyah - 15 Agustus 2018 08:15 WIB
    Negara Dapat USD784 Juta dari Alih Kelola Blok Rokan
    Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)
    Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut akan ada pendapatan ke kas negara dari pengambilalihan Blok Rokan oleh PT Pertamina (Persero). Potensi penerimaan itu datang dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang harus dibayarkan Pertamina.

    "Pertamina yang akan ambil alih Blok Rokan itu kita perkirakan akan ada tambahan bagi PNBP," kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani, dalam sebuah konferensi pers, di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa, 14 Agustus 2018.

    Dirinya memperkirakan ada pemasukan bagi negara sebesar USD784 juta dari PNBP yang harus dibayarkan Pertamina. Sementara selama 20 tahun ke depan diprediksi ada PNBP mencapai USD57 miliar yang dterima.

    Menurut Askolani pembayaran PNBP oleh Pertamina akan dibayarkan mulai tahun ini. Sebagai fee awal, Pertamina diharuskan menyetorkan signature bonus kepada negara dalam bentuk PNBP.

    Selain dari Pertamina, PNBP tahun ini diperkirakan akan meningkat seiring dengan kenaikan harga beberapa komoditas. Diproyeksikan kenaikan harga minyak dan batu bara akan menambah PNBP tahun ini.

    Sampai dengan Juli 2018, realisasi PNBP tercatat sebesar Rp211,04 triliun atau mencapai 76,26 persen dari target APBN. Realisasi PNBP naik sebesar 22,53 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

     



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id