comscore

Indonesia Keluar Dari Jurang Resesi, Berikut 4 Negara Bernasib Sama

Cindy - 07 Agustus 2021 19:46 WIB
Indonesia Keluar Dari Jurang Resesi, Berikut 4 Negara Bernasib Sama
Ilustrasi Indonesia. AFP
Jakarta: Indonesia baru saja keluar dari jurang resesi pada kuartal II 2021. Pertumbuhan ekonomi meningkat menjadi 7,07 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Indonesia sebelumnya berkutat dengan resesi sejak kuartal II 2020. Tanah Air mencatat pertumbuhan negatif 5,32 persen waktu itu. Lalu sedikit membaik pada kuartal III 2020 menjadi minus 3,49 persen. 
Kemudian, pada kuartal IV pertumbuhan kembali membaik menjadi minus 2,19 persen. Sedangkan, pada kuartal I 2021 sebesar minus 0,74 persen. 

Selain Indonesia, ada empat negara lainnya yang sudah lebih dulu keluar dari jurang resesi. Pertumbuhan ekonomi mereka sebelumnya anjlok akibat pandemi covid-19. 

Baca: Ekonom: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Paling Lambat

Berikut empat negara yang berhasil keluar dari resesi dikutip dari berbagai sumber:

1. Singapura

Singapura sudah terbebas dari resesi sejak kuartal I 2021. Kementerian Perdagangan dan Industri (MTI) Singapura mencatat Produk Domestik Bruto (PDB) Singapura tumbuh 1,3 persen secara tahunan pada periode itu. 

Pertumbuhan ekonomi Singapura dibopong sektor manufaktur, keuangan dan asuransi, serta perdagangan grosir. Sebelumnya, pemerintah Singapura memperkirakan ekonomi akan naik 0,9 persen. Ternyata, pertumbuhan ekonomi ini lebih tinggi dari perkiraan. 

Sebelumnya, Singapura tercatat mengalami resesi sejak kuartal II 2020 setelah pada kuartal I 2020 tercatat realisasi minus 0,7 persen. Catatan berburuk, ekonomi Singapura sempat bablas ke level minus 42,9 persen pada kuartal II 2020.

2. Korea Selatan

Korea Selatan hanya mengalami resesi selama dua kuartal. Korea Selatan mencatatkan ekonomi minus 1,3 persen pada kuartal I 2020 dan meningkat menjadi minus 3,3 persen pada kuartal II 2020.

Kemudian, ekonomi Korea Selatan tumbuh sebesar 1,3 persen pada kuartal III 2020 lalu. Resesi pada tahun lalu merupakan momen pertama kembalinya Korsel ke jurang resesi setelah 17 tahun terakhir berhasil menjaga perekonomiannya.

Pasalnya, ekonomi Korsel tumbuh baik berkat kemajuan industri dan teknologi.  Termasuk industri musik dan film yang dikenal dengan sebutan K-Pop dan K-Drama.

Baca: Indonesia Akhirnya Keluar dari Resesi Ekonomi

3. India

India mencatat pertumbuhan ekonomi 0,4 persen pada kuartal IV 2020 lalu. Realisasi pertumbuhan itu mengantarkan India keluar dari jurang resesi ekonomi akibat pandemi covid-19.

India bangkit setelah penguncian wilayah (lockdown) ketat selama berbulan-bulan. Kebijakan lockdown membuat pasar tenaga kerja sempat runtuh dan ekonomi berkontraksi hampir seperempat pada kuartal II 2020.

Resesi yang dialami India pada tahun lalu merupakan yang pertama sejak kemerdekaan pada 1947 silam. Resesi terjadi selama dua kuartal dimulai pada kuartal II 2020 mencapai minus 24,4 persen. Serta kuartal III 2020 dengan minus 7,3 persen.

4. Uni Eropa

Uni Eropa berhasil keluar dari resesi setelah mencatat pertumbuhan positif 2 persen pada kuartal II 2021. Sebelumnya, Uni Eropa dihantui resesi selama dua kuartal pada kuartal I 2021 dan kuartal IV 2020.

Pemulihan terjadi setelah Uni Eropa diterjang tsunami infeksi covid-19 selama musim dingin tahun lalu. Penyumbang terbesar dari pemulihan ialah Spanyol dan Italia yang sama-sama bertumbuh di kisaran 3 persen, sebelumnya kedua ekonomi negara hancur akibat pandemi. 

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id