Baru 4,53 Juta Wajib Pajak Lapor SPT Sampai Hari Ini

    Eko Nordiansyah - 04 Maret 2021 10:21 WIB
    Baru 4,53 Juta Wajib Pajak Lapor SPT Sampai Hari Ini
    Perpajakan. Foto : MI.



    Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mencatat jumlah wajib pajak yang telah melaporkan surat pemberitahuan (SPT) pajak tahunan sampai hari ini adalah 4,53 juta wajib pajak.

    Dilansir dari data DJP, Kamis, 4 Maret 2021, jumlah pelapor SPT ini lebih rendah 7,71 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu yang sebesar 4,9 juta wajib pajak yang telah melaporkan SPT-nya.






    Pelapor SPT sampai hari ini terdiri dari 4.363.728 wajib pajak orang pribadi, sedangkan wajib pajak badan ada 167.441 wajib pajak. Mayoritas wajib pajak yang telah melaporkan SPT telah memanfaatkan layanan online.

    Tercatat hanya sekitar 3,9 persen saja dari total pelaporan SPT atau 181.038 wajib pajak yang masih menggunakan layanan manual. Jumlahnya turun dibandingkan tahun lalu mencapai 226 ribu wajib pajak.

    Sementara itu, pelaporan melalui e-filing DJP mencapai 96 persen dari total atau sebanyak 4,35 juta wajib pajak. Sayangnya laporan SPT lewat e-filing DJP tahun ini masih lebih rendah dibanding periode sama tahun lalu sebanyak 4,68 juta wajib pajak.

    Berdasarkan laman resmi pajak.go.id, penyampaian SPT tahunan Pajak Penghasilan (PPh) bagi wajib pajak orang pribadi (WP OP) dengan tahun pajak 2020 akan berakhir pada 31 Maret 2021, sedangkan WP badan berakhir pada 30 April 2021.

    Adapun untuk mengisi SPT pajak secara online dapat dilakukan dengan persyaratan WP harus memiliki surat elektronik ataupun nomor ponsel yang aktif dan mengaktifkan EFIN (electronic filing identification number) yang dapat diurus di kantor pelayanan pajak.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id