comscore

BPS: Larangan Ekspor CPO Bikin Ekspor Mei Turun hampir 6%

Eko Nordiansyah - 15 Juni 2022 13:13 WIB
BPS: Larangan Ekspor CPO Bikin Ekspor Mei Turun hampir 6%
Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto. Foto BPS.
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kinerja ekspor pada Mei 2022 sebesar USD21,51 miliar. Ekspor Indonesia tercatat mengalami penurunan 5,81 persen dibandingkan bulan sebelumnya meskipun tetap naik sebesar 30,74 persen dari Mei 2021.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto mengatakan, salah satu penyebab menurunnya ekspor pada bulan lalu karena adanya larangan ekspor minyak sawit (CPO) dan turunannya oleh pemerintah mulai 28 April hingga 23 Mei 2022.
"Penurunan ekspor nonmigas yang terbesar ini yaitu lemak dan minyak hewani/nabati HS15, ini mengalami penurunan sebesar USD2,14 miliar atau turun 71,79 persen," kata dia dalam video conference, Rabu, 15 Juni 2022.

Ia menambahkan, dampak pelarangan ekspor CPO dan turunannya ini membuat ekspor lemak dan minyak hewani/nabati ke sejumlah negara seperti India, Pakistan, dan Tiongkok juga mengalami penurunan. Imbasnya kinerja ekspor juga menurun.

Jika dilihat lebih rinci, ekspor nonmigas pada Mei 2022 mencapai USD20,01 miliar atau turun 22,71 persen dibanding April 2022. Namun demikian, ekspor nonmigas tercatat masih naik 25,34 persen dibanding dengan periode sama tahun lalu.

Selain karena adanya larangan ekspor, Setianto menyebut, faktor musiman juga membuat ekspor pada bulan lalu mengalami penurunan. Misalnya karena adanya libur hari raya Idulfitri yang dibarengi dengan cuti bersama sehingga produksi berkurang.

"Kalau kita lihat kinerja ekspor Mei 2022 kita ini juga ada hal lain misalnya berkurangnya hari kerja produksi karena adanya hari libur hari raya Idulfitri di bulan Mei ini," pungkas dia.

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id