Kemenkeu Sebut Capaian PNBP 2017 Berpeluang Melebihi Target

    Suci Sedya Utami - 11 Desember 2017 09:00 WIB
    Kemenkeu Sebut Capaian PNBP 2017 Berpeluang Melebihi Target
    Gedung Kementerian Keuangan (Foto: dokumentasi Setkab)
    Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di tahun ini memiliki peluang melebihi target yang telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017 sebesar Rp260 triliun.

    "Kemungkinan PNBP bisa melampaui target," kata Direktur Anggaran Kementerian Keuangan Askolani, kepada Medcom.id, di Jakarta, seperti diberitakan Senin, 11 Desember 2017.

    Askolani mengatakan hingga saat ini capaian PNBP terbilang positif. Namun sayangnya, Askolani tidak memberikan rincian angka realisasi tersebut. Salah satu penggerak capaian PNBP yakni karena pergerakan harga minyak yang mengalami peningkatan beberapa waktu melebihi level USD50 per barel.

    Kenaikan harga minyak ini pula yang membuat pemerintah menaikkan target PNBP sebanyak Rp10,1 triliun dari sebelumnya Rp250 triliun pada APBN induk menjadi Rp260 triliun. Kenaikan tersebut bersumber dari penerimaan SDA yang meningkat 9,9 persen dari target APBN 2017 menjadi Rp95,6 triliun.

    Angka itu terdiri atas SDA minyak dan gas (migas) Rp72,2 triliun, serta nonmigas Rp23,4 triliun. Kenaikan itu dipengaruhi asumsi harga minyak Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) dari USD45 per barel menjadi USD50 per barel. Selain itu, juga ditopang oleh nilai tukar rupiah yang diproyeksi melemah dari perkiraan semula Rp13.300 menjadi Rp13.400 per USD.

    Sementara itu, pendapatan SDA nonmigas hanya naik Rp100 miliar dari tren kenaikan harga tambang. Adapun untuk pendapatan bagian laba Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diproyeksi tetap yakni Rp41 triliun.

    Sedangkan PNBP lainnya naik Rp500 miliar, yang berasal dari tambahan bagian pemerintah dari surplus Bank Indonesia (BI) sebesar Rp1,7 triliun. Pendapatan Badan Layanan Umum (BLU) juga ditarget naik Rp900 miliar menjadi Rp38,5 triliun.

    Adapun pada semester pertama, realisasi PNBP mencapai Rp146,1 triliun dari target awal, atau mengalami kenaikan 30,3 persen dari periode yang sama tahun lalu.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id