Sri Mulyani Bocorkan 'Antivirus' Jilid III

    Eko Nordiansyah - 18 Maret 2020 18:27 WIB
    Sri Mulyani Bocorkan 'Antivirus' Jilid III
    Menteri Keuangan Sri Mulyani - - Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membocorkan stimulus lanjutan atau 'antivirus' jilid III dalam mengatasi dampak penyebaran virus korona (covid-19) di Indonesia. Dalam stimulus baru tersebut, pemerintah akan mengutamakan sektor kesehatan.

    "Jadi kita lihat segala kebutuhan di bidang kesehatan, semua (insentif) ke situ. Jumlahnya berapa masih belum," kata Ani sapaannya dalam video conference di Jakarta, Rabu, 18 Maret 2020.

    Ani menambahkan pemerintah telah menginstruksikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan untukk mengkalkulasi semua kebutuhan dalam penanganan pandemi virus korona. Termasuk peningkatan kapasitas rumah sakit yang selama ini menangani pasien covid-19.

    "Sehingga kami lihat berapa yang dibutuhkan untuk peningkatan kapasitas rumah sakit dan kebutuhan alat pelindung diri, masker dan lain-lain. Artinya kalau ada belanja modal shift ke sana, ke sektor kesehatan," jelas dia.

    Selain itu, stimulus tahap III ini akan ditujukan bagi penguatan social safety net masyarakat kelas bawah. Bantuan ini tidak hanya bagi mereka yang selama ini telah mendapatkan bantuan tetapi juga sektor informal yang terdampak.

    "Selama ini kita miliki kan (pinjaman) ultra mikro, KUR, PKH, Kartu Sembako, dan BPNT. Artinya kalau mau uang masuk ke kantong keluarga, saluran itu sudah tersedia. Jumlahnya berapa akan kita hitung karena dinamikanya, masih belum pelajari sepenuhnya ke mana arahnya," pungkas dia.

    Pemerintah sebelumnya sudah memberikan stimulus bagi sektor pariwisata, stimulus untuk menjaga konsumsi masyarakat kelas menengah bawah. Kemudian pekan lalu pemerintah juga merilis stimulus untuk industri manufaktur.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id