Bank DBS: Perubahan Perilaku Belanja Pengaruhi Pemulihan Ekonomi

    Annisa ayu artanti - 15 Oktober 2020 11:19 WIB
    Bank DBS: Perubahan Perilaku Belanja Pengaruhi Pemulihan Ekonomi
    Ilustrasi Bank DBS - - Foto: AFP
    Jakarta: Bank DBS Indonesia menyebut peningkatan konsumsi merupakan kunci dari pemulihan ekonomi pascapandemi. Namun terjadi perubahan perilaku dalam kegiatan berbelanja konsumen selama pandemi.
     

    Berdasarkan survei yang dilakukan Bank DBS Indonesia pada pertengahan Juni lalu, sebagian besar responden memilih mengerem belanja selama enam bulan ke depan.

    "Pendapatan mereka sebagian besar ditabung dan diinvestasikan dari pada dihabiskan untuk belanja barang-barang atau pun beraktivitas," katanya dalam keterangan tertulis Bank DBS Indonesia, Kamis, 15 Oktober 2020.

    Survei Bank DBS Indonesia mengungkapkan ada lima temuan kunci saat melakukan survei terhadap lebih dari 500 responden. Mayoritas berasal dari Pulau Jawa, termasuk Jakarta dan sebagian kecil luar Pulau Jawa.

    Dari survei tersebut terdapat perubahan sikap masyarakat terhadap kesehatan yaitu lebih fokus terhadap kebutuhan rumah, memilih untuk memasak makanan sendiri, dan beralih berbelanja melalui platform e-commerce. Kemudian belanja kebutuhan sehari-hari secara tradisional pun ikut berubah.

    "Responden menyebutkan bahwa kesehatan dan kebersihan adalah hal berharga dan terdapat perubahan cara pandang terhadap dua hal itu," ungkap hasil survei tersebut.


    Sekitar 54 persen responden mengonsumsi lebih banyak vitamin dan suplemen. Sebanyak 69 persen responden memilih mengkonsumsi makanan yang dimasak sendiri.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id