Realisasi Anggaran Kesehatan Tak hanya Tanggung Jawab Kemenkes

    Eko Nordiansyah - 30 Juni 2020 16:10 WIB
    Realisasi Anggaran Kesehatan Tak hanya Tanggung Jawab Kemenkes
    Menteri Keuangan Sri Mulyani - - Foto: Antara/ Erlangga
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut rendahnya realisasi anggaran kesehatan untuk penanganan covid-19 bukan tanggung jawab Kementerian Kesehatan (Kemenkes) semata. Pasalnya anggaran tersebut tidak hanya berada di bawah Kemenkes.

    “Ada yang berpersepsi anggaran kesehatan baru cair sedikit karena tanggung jawab Kementerian Kesehatan. Sebetulnya enggak juga, karena ada jalurnya," katanya dalam video conference di Jakarta, Selasa, 30 Juni 2020.

    Saat ini realisasi stimulus kesehatan penanganan covid-19 baru 4,68 persen. Padahal anggaran yang disiapkan oleh pemerintah mencapai Rp87,55 triliun. Semestinya anggaran ini tak hanya untuk belanja di bidang kesehatan maupun insentif bagi tenaga medis. Namun dapat dimanfaatkan dalam bentuk insentif pajak bagi rumah sakit dan jasa kesehatan.

    "Kita semua tahu, langkah-langkah di bidang kesehatan ada Kemenkes, Gugus Tugas nasional, daerah, dan tanggung jawab bersama. Sehingga untuk belanja yang bidang kesehatan Rp87,5 triliun ini sebagian adalah belanja tambahan," jelas dia.

    Meski demikian, ia memastikan seluruh anggaran akan dipantau dengan ketat oleh pemerintah. Hal ini agar anggaran yang sudah digelontorkan bisa berdampak positif ke berbagai sektor.

    "Akan kita tracking, semakin itu bisa digunakan dan dilakukan belanja ke pihak-pihak yang membutuhkan, kita berharap dampaknya untuk mengatasi ekonomi di bidang kesehatan jadi lebih baik, kemungkinan pulihkan kondisi sosial dan ekonomi lebih besar," pungkas Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.  




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id