Bea Cukai Ingin Harga Jual Eceran Vape Juga Naik

    Eko Nordiansyah - 20 November 2019 16:42 WIB
     Bea Cukai Ingin Harga Jual Eceran Vape Juga Naik
    Ilustrasi. Foto : AFP.
    Jakarta: Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan menginginkan penyesuaian harga jual eceran (HJE) untuk rokok elektrik (vape) sama dengan rokok konvensional. Jika HJE rokok telah dinaikkan untuk tahun depan, maka HJE untuk vape juga perlu disesuaikan.

    Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi mengatakan penyesuaian HJE dilakukan agar ada perlakuan yang sama baik rokok konvensional ataupun vape.

    Apalagi dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 152/PMK.010/2019 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 146/PMK.010/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau, HJE untuk rokok dinaikkan mulai tahun depan.

    "Pada prinsipnya kita berencana untuk menyesuaikan besaran daripada pungutan untuk vape supaya level playingfield sama," kata dia di Kantor Pusat DJBC, Jakarta Timur, Rabu, 20 November 2019.

    Meski begitu, Heru enggan membocorkan berapa besar penyesuaian yang akan dikenakan untuk vape. Namun dirinya berharap, pemberlakuan HJE untuk vape ini bisa seiring dengan pemberlakuan dengan cukai rokok.

    "Jadi kita belum bisa mengumumkan mengenai besarannya, tentunya harus dibahas sama dengan pembahasan rokok konvensional," jelas dia.

    Dirinya menambahkan, tidak perlu revisi aturan lagi untuk mengatur HJE vape ini. Nantinya pemerintah tinggal menambahkan lampiran dalam PMK 152 Tahun 2019 yang sudah ditetapkan pada 18 Oktober 2019.

    Sementara itu, pengenaan tarif cukai untuk rokok maupun vape sudah maksimal sebesar 57 persen dari HJE sesuai dengan PMK 146 Tahun 2007 dan Undang-Undang (UU) Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai.

    "Kan PMK saja. Nanti tinggal ditambahin di lampiran saja. Penyesuaian HJE karena tarifnya (cukai) sudah mentok," pungkas dia.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id