comscore

Sri Mulyani: Pembangunan Stasiun Cikarang Didanai Sukuk Negara

Fetry Wuryasti - 03 April 2022 09:07 WIB
Sri Mulyani: Pembangunan Stasiun Cikarang Didanai Sukuk Negara
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: MI/ Arya Manggala
Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) berhasil mendanai dan membangun konektivitas Jakarta dan Kabupaten Bekasi melalui proyek sarana dan prasarana perkeretaapian Stasiun Cikarang.

Pembangunan stasiun Cikarang merupakan salah satu bagian dari rangkaian Proyek Strategis Nasional Double-Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang. Tahapan pembangunannya dilakukan sejak 2014 hingga 2023.
 
"Saya berharap dengan infrastruktur yang dibangun saat ini (Double-Double Track) Manggarai-Cikarang, masyarakat bisa menikmati mobilitas semakin aman, lancar dan efisien. Ini juga akan meningkatkan produktivitas," ujar Ani sapaan akrabnya, dalam keterangan resmi, Minggu, 3 April 2022.
Pembiayaan proyek melalui SBSN merupakan sinergi kebijakan Kementerian Keuangan, Kementerian PPN/Bappenas dan kementerian/lembaga lainnya. Dalam hal ini, untuk membiayai proyek atau kegiatan prioritas dengan dana bersumber dari pasar keuangan. Termasuk, melalui instrumen Surat Berharga Negara (SBN) yang berbasis syariah dan diterbitkan pemerintah sejak 2008.

Dengan diresmikannya Stasiun Cikarang, menunjukkan bahwa pinjaman dan surat utang yang sifatnya syariah dapat menghasilkan aset yang bermanfaat bagi publik.

"Ini suatu contoh, hasil dari uang negara (yang diperoleh dari) instrumen keuangan Surat Berharga Syariah Negara," kata bendahara negara itu.

Hingga 2022, nilai total proyek yang dibiayai dari SBSN sebesar Rp175,38 triliun. Itu untuk membangun 4.247 proyek yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Adapun total alokasi SBSN sejak 2014-2022 untuk Balai Perkeretaapian wilayah Jakarta dan Banten mencapai Rp6,3 triliun.


Terutama, untuk beberapa paket proyek pembangunan fasilitas perkeretaapian. Itu mencakup DDT Manggarai-Cikarang yang total alokasi pembiayaannya mencapai Rp5,6 triliun. Proyek tersebut secara keseluruhan ditargetkan selesai pada 2023.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id