comscore

Pemerintah Tawarkan ST008, Investasi Mulai Rp1 Juta dengan Kupon 4,8%

Eko Nordiansyah - 02 November 2021 18:14 WIB
Pemerintah Tawarkan ST008, Investasi Mulai Rp1 Juta dengan Kupon 4,8%
Ilustrasi launching sukuk tabungan - - Foto: Medcom/ Eko Nordiansyah
Jakarta: Pemerintah resmi membuka masa penawaran Green Sukuk Ritel-Sukuk Tabungan seri ST008 kepada investor individu Warga Negara Indonesia (WNI). Masa penawaran ST008 ini akan berlangsung mulai 1-17 November 2021 dengan minimum pemesanan sebesar Rp1 juta dan maksimal Rp1 miliar.
 
Dilansir dari keterangan resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Selasa, 2 November 2021, ST008 memiliki tingkat kupon sebesar 4,80 persen mengambang dengan imbalan/kupon minimal (floating with floor) suku bunga acuan BI 7-Days Reverse Repo Rate.
 
ST008 juga tanpa warkat, tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder (non-tradable), tidak dapat dilikuidasi/dicairkan sampai dengan jatuh tempo kecuali pada periode early redemption. Adapun underlying asset ST008 adalah Barang Milik Negara (BMN) dan proyek APBN 2021 (termasuk green aset).
 
Green Sukuk Ritel-Sukuk Tabungan seri ST008 merupakan penerbitan Green Sukuk Ritel ketiga sekaligus menunjukkan komitmen dan kontribusi Pemerintah dalam mengembangkan pasar keuangan syariah dan juga dalam mengatasi perubahan iklim, yang diwujudkan melalui penerbitan instrumen pembiayaan yang inovatif dan berkelanjutan.
 
Melalui penerbitan Green Sukuk Ritel-Sukuk Tabungan seri ST008, Pemerintah akan membiayai proyek-proyek ramah lingkungan, seperti transportasi berkelanjutan (sustainable transportation) dan ketahanan terhadap perubahan iklim (resilience to climate change), sebagaimana digariskan dalam Green Bond/Sukuk Framework.
 
Upaya pemerintah ini diharapkan dapat menurunkan emisi gas rumah kaca sebagai bagian dari komitmen untuk mengurangi dampak perubahan iklim yang telah terjadi. Tujuan penerbitan ST008 secara online adalah mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBSN ritel, menyediakan alternatif investasi bagi masyarakat, mendukung terwujudnya keuangan inklusif, serta memenuhi sebagian pembiayaan APBN 2021. 
 
Melalui pembelian Green Sukuk Ritel-Sukuk Tabungan seri ST008, pemerintah memberi kesempatan kepada investor individu Warga Negara Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembiayaan pembangunan nasional sekaligus berkontribusi dalam aksi mitigasi perubahan iklim.
 
Proses pemesanan pembelian ST008 secara online dilakukan melalui empat tahap yaitu registrasi/pendaftaran, pemesanan, pembayaran dan setelmen. Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan oleh 30 Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id