Realisasi Anggaran Kesehatan Penanganan Covid-19 Capai Rp21,7 Triliun

    Eko Nordiansyah - 30 September 2020 18:13 WIB
    Realisasi Anggaran Kesehatan Penanganan Covid-19 Capai Rp21,7 Triliun
    Ilustrasi. Foto: Antara/Sigid Kurniawan
    Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi anggaran kesehatan dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp21,79 triliun hingga 28 September 2020. Realisasi ini setara dengan 24,9 persen dari pagu Rp87,55 triliun.

    "Untuk yang realisasi anggaran kesehatan itu 24,9 persen atau 25 persen dari pagu. Dan untuk beberapa bisa di-highlight di situ," kata Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam video conference di Jakarta, Rabu, 30 September 2020.

    Jika dirinci, realisasi anggaran terdiri dari insentif tenaga kesehatan pusat dan daerah sebesar Rp3,1 triliun, santunan kematian bagi 96 tenaga kesehatan Rp0,029 triliun, gugus tugas covid-19 Rp3,22 triliun, dan belanja penanganan covid-19 Rp11,67 triliun.

    "Gugus tugas ada penambahan (anggaran). Belanja penanganan covid ini yang untuk penanganan di rumah sakit dan fasilitas kesehatan," jelas dia.

    Selain itu, masih ada bantuan iuran bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di BPJS Kesehatan sebesar Rp1,19 triliun untuk 35,9 juta peserta, serta insentif perpajakan di bidang kesehatan sebesar Rp2,58 triliun.

    Ia menambahkan, pemerintah meyakini seluruh pagu yang ada bisa terserap sampai dengan akhir tahun. Termasuk kebutuhan pengadaan vaksin, jika bisa dilakukan pada akhir 2020, maka anggarannya sudah ada dalam anggaran kesehatan ini.

    "Seperti yang sudah disampaikan, vaksin bukan hanya masalah membeli. Tapi kalau kita sudah membeli, kita juga harus melakukan vaksinasi untuk ke seluruh Indonesia. Tentu ini menjadi pekerjaan juga nanti lintas sektoral," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id