Sri Mulyani Tak Ingin Krisis Berlanjut Akibat Korona

    Eko Nordiansyah - 24 Maret 2020 18:31 WIB
    Sri Mulyani Tak Ingin Krisis Berlanjut Akibat Korona
    Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut saat ini seluruh negara di dunia sama-sama tengah menghadapi krisis kesehatan akibat penyebaran virus korona (covid-19). Meski begitu, pemerintah ingin meminimalisasi dampak krisis ini agar tidak melebar ke sektor lain.

    "Sekarang seluruh dunia sedang menghadapi krisis di bidang kemanusiaan, yang sedang diupayakan jangan sampai krisis kesehatan ini mempengaruhi sangat dalam pada krisis ekonomi, sosial dan keuangan," kata dia dalam video conference di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020.

    Dirinya menambahkan, semua negara menjaga agar krisis akibat korona ini tidak berdampak lebih luas hingga menimbulkan krisis ekonomi. Meskipun adanya covid-19 ini menyebabkan terjadinya kontraksi ekonomi, tetapi tidak berarti krisis ekonomi sedang terjadi.

    Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan, kondisi serupa pernah terjadi di 2008-2009 lalu akibat krisis keuangan yang merembet ke sektor lain. Untuk itu, seluruh negara saat ini berusaha agar kejadian yang sama tidak terulang kembali.

    "Ini sedang diikhtiarkan, diupayakan seluruh negara G20 dan non-G20, agar krisis ini bisa ter-contain atau dicegah pada level masalah kesehatan. Dan sedikit pada masalah ekonominya tapi tidak berkelanjutan," jelasnya.

    Menurut dia, saat ini penting bagaimana seluruh negara ikut merespons kondisi ini namun tidak saling tumpang tindih kepentingan. Oleh karenanya, para pimpinan negara anggota G20 akan melaksanakan pertemuan darurat untuk bersama-sama merespon kondisi terkini.

    "Ini persis di 2009 pada saat Presiden (George) Bush mengundang emergency meeting di Washington. Persis situasinya, cuma dulu triggernya krisis keuangan spill over ke ekonomi dan masyarakat, sekarang triggernya sektor kesehartan dan keamanan masyarakat bisa masuk ke sektor ekonomi dan diharapkan tidak masuk ke krisis selanjutnya," pungkas dia.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id