comscore

BRIN Sarankan Dana PEN 2022 untuk Sektor Ritel

Antara - 13 Januari 2022 11:50 WIB
BRIN Sarankan Dana PEN 2022 untuk Sektor Ritel
Ilustrasi Dana Pemulihan Ekonomi Nasional. Foto : MI.
Jakarta: Peneliti Madya Pusat Riset Ekonomi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Umi Karomah menyarankan alokasi dana program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2022 difokuskan untuk sektor ritel agar lebih cepat terserap. Fokus alokasi bantuan kepada sektor tersebut bisa diberikan dalam bentuk dana, subsidi kredit, maupun insentif usaha yang lebih besar.

"Sektor ritel itu yang perlu ditekankan karena kalau hanya UMKM yang diberi dana dan kredit yang banyak tetapi sektor ritelnya tidak berkembang, tidak akan ada yang beli juga meskipun sudah ada belanja online," kata Umi kepada Antara, Kamis, 13 Januari 2022.
Dengan demikian, ia berharap fokus PEN pada tahun ini bisa diperbesar pada alokasi untuk pemulihan ekonomi.

Dalam program PEN 2022, fokus utama anggaran diberikan kepada tiga bidang prioritas, yakni kesehatan dengan anggaran Rp117,9 triliun, perlindungan masyarakat Rp154,8 triliun, dan penguatan pemulihan ekonomi Rp141,4 triliun.

Umi berpendapat peningkatan alokasi untuk penguatan pemulihan ekonomi, khususnya untuk sektor ritel akan memperbaiki serapan program PEN yang hanya mencapai 88,4 persen pada 2021.

"Jika diberikan lebih besar kepada perlindungan sosial, akan lebih rawan korupsi dan membutuhkan mekanisme yang ruwet, sehingga pada akhirnya serapan tidak terlalu besar," ungkapnya.

Selain sektor ritel, ia menilai sektor jasa juga perlu didorong pertumbuhannya pada tahun ini melalui insentif PEN, pasalnya sektor tersebut yang lebih cepat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dibanding sektor makanan dan minuman.

"Sektor perumahan dan konstruksi itu juga perlu terus digenjot pada tahun ini, begitu pula dengan transportasi dan pariwisata," jelas Umi.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id