Jurus Sri Mulyani Dongkrak Ekonomi Kuartal I-2021

    Eko Prasetyo Jaya - 04 Maret 2021 18:11 WIB
    Jurus Sri Mulyani Dongkrak Ekonomi Kuartal I-2021
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: MI/ Pius Erlangga



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan strategi untuk mempercepat pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Tujuannya demi mendorong pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021 dan menangani pandemi covid-19.

    Setidaknya ada lima langkah yang akan dilakukan pemerintah dalam mendorong percepatan realisasi program PEN tahun ini. Pertama, pemerintah mempercepat realisasi program perlindungan sosial melalui penyaluran bantuan sosial (bansos).






    "Dari sisi program PEN yang mendorong pada kuartal I termasuk percepatan pembayaran bansos pada bulan Januari dan Februari, dan sekarang sudah terealisasi Rp16,5 triliun," kata dia dalam Raker Kemendag 2021 secara virtual di Jakarta, Kamis, 4 Maret 2021.

    Ia menambahkan, pemerintah juga mempercepat penganggaran dan realisasi program Bantuan Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM). Program ini diharapkan bisa terlaksana pada Maret 2021, dengan target 9,8 juta pelaku usaha mikro mendapatkan Rp1,2 juta.

    "Program padat karya juga dipercepat. Insentif yang dikeluarkan oleh pemerintah terutama minggu lalu yaitu insentif untuk PPnBM untuk kendaraan bermotor maupun PPN perumahan," ungkapnya.

    Terakhir, pemerintah juga akan mempercepat program vaksinasi yang telah dijalankan sejak pertengahan Januari 2021 lalu. Saat ini sudah 2.104.967 orang menerima vaksin pertama, dan 29.121 orang yang telah disuntik vaksin covid-19 dosis kedua.


    "Kita juga mempercepat program vaksinasi tahap dua agar masyarakat segera mendapat daya tahan dan terutama herd immunity bisa tercapai," pungkas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id