Pemerintah Harap Investasi Masuk Deras ke Batam via BLE

    Eko Nordiansyah - 18 Maret 2021 15:53 WIB
    Pemerintah Harap Investasi Masuk Deras ke Batam via BLE
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO: Kementerian Keuangan



    Jakarta: Pemerintah terus mendorong peningkatan daya saing investasi di Tanah Air termasuk di Batam. Salah satu cara yang dilakukan dengan meluncurkan Batam Logistic Ecosystem (BLE) yang diharapkan mampu menarik minat investasi di Batam, terlebih posisi Batam yang strategis sebagai hub internasional.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Batam sebenarnya memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang luar biasanya. Sayangnya, lanjutnya, selama lima tahun terakhir pertumbuhan ekonomi Batam masih berada di bawah pertumbuhan nasional.

     



    "Memang Pekerjaan Rumah (PR) membangun Batam untuk bisa menjadi sebuah destinasi investasi yang baik nanti akan muncul dalam bentuk pertumbuhan ekonomi yang baik," kata dia, dalam Peluncuran Batam Logistics Ecosystem secara virtual, Kamis, 18 Maret 2021.

    Ia menambahkan, pertumbuhan ekonomi Batam akan stagnan tanpa adanya investasi masuk. Artinya apabila pemerintah ingin menarik minat investor untuk masuk, diperlukan reformasi yang memudahkan salah satunya dengan adanya BLE ini.

    "Karena itu untuk bisa menarik investasi, pelayanan dan perbaikan prosedur, birokrasi termasuk ekosistem logistik menjadi sangat penting. Kolaborasi kementerian/lembaga dan dunia bisnis menjadi sangat penting dan ini perlu kita rintis," ungkapnya.

    BLE merupakan bagian dari National Logistic Ecosystem (NLE) yang sebelumnya telah diluncurkan. Kehadiran ekosistem logistik ini akan menyederhanakan proses bisnis melalui layanan pemeriksaan terpadu dengan single submission, layanan pelabuhan, serta perizinan.

    "Sistem yang dibangun adalah platform untuk kolaborasi. Dan kami berterima kasih dalam hal ini baik dari sisi seluruh kementerian/lembaga, pemda, serta dengan pelaku bisnis bisa diwujudkan dengan membentuk ekosistem logistik, Batam Logistic Ecosystem atau BLE," pungkas dia.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id