BPS: Inflasi Oktober 0,02%

    Ilham Pratama Putra - 01 November 2019 12:39 WIB
    BPS: Inflasi Oktober 0,02%
    Kepala BPS Suhariyanto. FOTO: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
    Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka inflasi pada Oktober 2019. Inflasi sebesar 0,02 persen terjadi akibat penurunan harga makanan.

    "Inflasi Oktober lebih disebabkan karena penurunan harga bahan makanan dan tarif angkutan udara yang juga turun dibanding bulan lalu," kata Kepala BPS, Suhariyanto, di kantor BPS, Jakarta Pusat, Jumat, 1 November 2019.

    Inflasi pada bulan ini pun tercatat naik tipis dibandingkan bulan lalu. Pada September 2019 tercatat deflasi sebesar 0,27 persen.

    Suhariyanto menjelaskan angka inflasi masih dapat dikendalikan. Sebab angka tersebut masih berada di bawah target pemerintah.

    "Dengan angka ini inflasi terkendali dan masih di bawah target pemerintah, penyebab inflasi karena penurunan banyak komoditas cabai merah, cabai rawit mengalami turun harga di berbagai kota dan menarik ke bawah," jelas dia.

    Sebaliknya, kata Suhariyanto, ada dua komoditas yang mengalami kenaikan. Di antaranya harga daging ayam ras dan bawang merah.

    Perkembangan harga berbagai komoditas pada Oktober 2019 secara umum menunjukkan adanya kenaikan. Berdasarkan hasil pemantauan BPS di 82 kota, pada Oktober 2019 terjadi inflasi sebesar 0,02 persen, atau terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 138,37 pada September 2019 menjadi 138,40 pada Oktober 2019.

    Tingkat inflasi tahun kalender (Januari-Oktober) 2019 sebesar 2,22 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Oktober 2019  terhadap Oktober 2018) sebesar 3,13 persen.

    "Inflasi inti year on year (YoY) masih sesuai ekspektasi dan menunjukkan bahwa daya beli masyarakat masih oke," pungkasnya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id