Investor Asing Beli SBN Rp1,7 Triliun saat Aksi 22 Mei

    Desi Angriani - 23 Mei 2019 20:54 WIB
    Investor Asing Beli SBN Rp1,7 Triliun saat Aksi 22 Mei
    Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. Medcom/Husen M.
    Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menilai investor asing masih percaya terhadap fundamental perekonomian Indonesia. Hal ini tercermin dari pembelian Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp1,7 triliun oleh investor asing saat berlangsungnya aksi demontrasi menolak hasil pemilu pada 21-22 Mei kemarin.

    "Di Pasar Surat Berharga Negara (SBN) terjadi inflow (aliran masuk dana asing) sekitar net buy Rp 1,7 triliun. Dan ini dipengaruhi ekspektasi perbaikan ekonomi domestik ke depan, dan juga tentu saja imbal hasil yang cukup baik," ujarnya dalam jumpa pers KSSK, di Aula Juanda, Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis, 23 Mei 2019.
    Di samping itu, imbal hasil SBN bertenor sepuluh tahun yang mencapai 7,95 persen masih menarik dibandingkan dengan imbal hasil di negara-negara sepadan (peers). Sejak awal 2019 hingga saat ini total dana asing masuk ke SBN mencapai Rp57 triliun.

    "Yield SBN sepuluh tahun pekan kemarin 8,05, pagi ini di bawah 8 persen, bahkan menjadi 7,95 persen," pungkasnya.

    Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyebut anjloknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepekan terakhir akibat ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

    Kerusuhan 22 Mei kemarin dinilai tak berdampak signifikan terhadap penurunan IHSG. Bahkan sehari pascaaksi tersebut, IHSG menghijau ke level 6.032 atau naik 93 poin pada penutupan perdagangan Kamis sore, 23 Mei 2019.

    Volume perdagangan tercatat sebanyak 8,9 miliar lembar saham senilai Rp5,9 triliun. Sebanyak 318 saham naik, 150 saham turun, dan 125 saham tak bergerak. Sektor keuangan terpantau naik paling tinggi.

    "Ini sementara bahkan kalau dua hari terakhir tak ada penurunan yang signifikan. Malah hari ini menguat kita lihat ini menjadi naik 1,5 persen per siang ini, semoga ini tanda yang bagus," pungkasnya.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id