Pemerintah Siapkan Rp15,1 triliun untuk Bangkitkan Pariwisata di 2021

    Eko Nordiansyah - 29 November 2020 14:53 WIB
    Pemerintah Siapkan Rp15,1 triliun untuk Bangkitkan Pariwisata di 2021
    Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
    Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengalokasikan anggaran sebesar Rp15,1 triliun untuk kembali membangkitkan sektor pariwisata di 2021. Apalagi sektor pariwisata merupakan sektor yang sangat terdampak akibat pembatasan sosial guna mengurangi penyebaran covid-19.

    "APBN segera merespons dan melakukan kebijakan yang sifatnya luar biasa," kata Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dilansir dari laman resmi Kemenkeu, Minggu, 29 November 2020.

    Ia menambahkan berbagai macam sektor mulai dari transportasi, industri tekstil, industri alat angkut, industri kerajinan, perdagangan, hotel, dan restoran yang bersinggungan dengan pariwisata seluruhnya tidak berjalan selama pandemi.

    Untuk itu, pemerintah mempersiapkan anggaran khusus untuk pengembangan pariwisata. Untuk tahun ini saja, APBN dalam rangka pemulihan ekonomi nasional juga menyediakan program stimulus pariwisata yang diharapkan dapat mendukung kegiatan pariwisata.
     
    "Bahwa sektor pariwisata dapat bangkit dan pulih dengan dukungan dari banyak peran. Dukungan pemerintah pusat yaitu melalui belanja kementerian/lembaga, belanja BUMN, belanja swasta, dan belanja pemerintah daerah,” ungkapnya.
     
    Suahasil menyebutkan anggaran sebesar Rp15,1 triliun di tahun depan tersebar di berbagai kementerian/lembaga, non kementerian/lembaga, maupun transfer ke daerah. Untuk itu, ia berharap ada sinergi antar berbagai pihak agar mampu membangkitkan kembali sektor pariwisata.

    "Kami tentu berharap sinergi antar kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk memajukan pariwisata semakin meningkat. Sinergi akan menjadi lompatan arah kebijakan yang baik untuk pariwisata," pungkas dia.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id