Ini Resep Kunci Ekonomi Indonesia Cepat Pulih

    Suci Sedya Utami - 18 November 2020 22:47 WIB
    Ini Resep Kunci Ekonomi Indonesia Cepat Pulih
    Foto: dok MI.
    Jakarta: Ekonom Chatib Basri memperkirakan ekonomi nasional akan mulai pulih di kuartal pertama 2021. Kunci utama dari pemulihan ekonomi Indonesia terletak pada perbaikan konsumsi rumah tangga.

    Menurut Chatib, selama masih ada pandemi, maka Indonesia tidak bisa berharap dari faktor eksternal untuk memulihkan perekonomian nasional. Sebab, kondisi global pun masih tertekan oleh adanya pandemi covid-19.

    Pandemi ini telah membuat pendapatan masyarakat tergerus. Bahkan untuk pekerja informal banyak yang kehilangan pendapatan. Implikasinya yakni pada kemampuan daya beli yang menurun dan berimbas pada pelemahan konsumsi yang selama ini menjadi sumber utama pertumbuhan ekonomi nasional.

    Chatib mengatakan berdasarkan simulasi yang ia buat menunjukkan bahwa mendorong konsumsi lebih efektif ketimbang mendorong produksi di masa sekarang. Sebab produksi tanpa adanya permintaan pun akan percuma. Hal tersebut sebenarnya bisa terlihat dari gambaran walaupun tingkat bunga telah diturunkan, namun tidak ada pihak yang berminat untuk meminjam uang dari bank.

    "Kenapa saya pinjam uang dari bank kalau permintaannya enggak ada," kata Chatib dalam sebuah webinar, Rabu, 18 November 2020.

    Ia mengatakan apabila konsumsi yang didorong artinya akan membuat permintaan bergairah. Implikasinya akan mendorong dunia usaha untuk kembali meningkatkan investasi dan produksi. Tentunya membuat roda ekonomi berputar kembali.

    Chatib mengatakan kunci utama untuk memperbaiki konsumsi ada pada pemberian stimulus fiskal dari pemerintah terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (lower middle income group) dalam bentuk cash transfer.

    "Pemerintah hanya bisa berharap sumber pertumbuhannya datang dari stimulus," ucap Chatib.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id