Dirjen Pajak Minta Masukan Sektor Mana yang Bisa Dipajaki

    Eko Nordiansyah - 16 Juni 2021 17:40 WIB
    Dirjen Pajak Minta Masukan Sektor Mana yang Bisa Dipajaki
    Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo - - Foto: Kementerian Keuangan



    Jakarta: Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suryo Utomo meminta masukan terkait sektor mana saja yang bisa menjadi basis pajak. Saat ini pemerintah tengah melakukan reformasi sistem perpajakan guna menggenjot penerimaan.

    Suryo menceritakan pemerintah sebelumnya telah mendefinisikan rencana reformasi perpajakan untuk mengejar penerimaan. Di antaranya opsi mengubah ketentuan tarif, atau memperluas objek maupun subjek pajaknya.

    "Saya sebetulnya ingin mengajak kita semua kira-kira mana lagi yang belum ataupun belum sempat kami address. Ayo kita diskusikan, kita rumuskan, kita dudukan," katanya dalam diskusi virtual di Jakarta, Rabu, 16 Juni 2021.

     



    Ia menambahkan masukan dari berbagai pihak bisa menjadi bahan pertimbangan pemerintah dalam melakukan reformasi sistem perpajakan. Menurut dia, pemerintah tidak ingin hanya mengejar penerimaan saja, tetapi juga meningkatkan kepatuhan wajib pajak.


    "Oh di sisi ini mungkin kita bisa elaborasi memberikan manfaat lebih dan juga penerimaan di sisi yang lain, atau di sisi yang mana lagi, objeknya kah, subjeknya kah misalnya seperti itu," ungkapnya.

    Selama pandemi, Suryo menyebut pemerintah telah menggelontorkan anggaran yang luar biasa besar untuk mengurangi dampaknya di masyarakat maupun dunia usaha. Untuk itu, reformasi perpajakan diharapkan menjadi salah satu solusi mengejar penerimaan.

    "Memang satu sisi kita membutuhkan luar biasa penerimaan, makanya saya ingin mendapatkan kira-kira sumber penerimaan apalagi yang bisa kita gali. Di sisi yang lain kita memiliki infrastruktur (kebijakan) itu," pungkas dia.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id