Penjualan Sukuk Ritel Negara SR-008 Capai Rp31,5 Triliun

    Eko Nordiansyah - 07 Maret 2016 15:55 WIB
    Penjualan Sukuk Ritel Negara SR-008 Capai Rp31,5 Triliun
    Dirjen PPR Kemenkeu Robert Pakpahan (Foto: MTVN/Eko Nordiansyah)



    medcom.id, Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) mencatat, penjualan Sukuk Ritel Negara seri SR-008 mencapai senilai Rp31,5 triliun. Penjualan Suku Ritel SR-008 ini melibatkan lebih dari 48 ribu orang investor.

    Dirjen PPR Kemenkeu Robert Pakpahan mengatakan, penjualan Sukuk Negara Ritel sesuai dengan kewenangan yang diberikan Undang-Undang No 19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara dan dengan memperhatikan kebutuhan pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.






    "Penerbitan Sukuk Negara Ritel seri SR-008 sebesar Rp31,5 triliun ini merupakan penerbitan Sukuk Negara Ritel terbesar sejak Sukuk Negara pertama kali diterbitkan pada 2009. Sebagai perbandingan, Sukuk Negara Ritel seri SR-007 di 2015 lalu hanya diterbitkan Rp21,9 triliun," ujar Robert, di kantornya, Jalan DR Wahidin I, Jakarta Pusat, Senin (7/3/2016).

    Sementara itu, lanjut Robert, jumlah investor yang membeli Sukuk Negara Ritel seri SR-008 sebanyak 48.444 orang juga merupakan yang terbesar selama ini. Padahal, tahun lalu, Sukuk Negara Ritel seri SR-007 hanya terjual kepada 29.706 orang investor.

    Dirinya menambahkan, besarnya minat investor tersebut antara lain disebabkan oleh semakin baiknya pemahaman masyarakat mengenai manajemen mengenai instrumen investasi Sukuk Negara Ritel dan semakin semakin berpengalaman serta inovatifnya agen penjual dalam memasarkan Sukuk Negara Ritel.

    Pemerintah, menurut Robert, juga selalu menekankan bahwa Sukuk Negara Ritel bukan hanya merupakan investasi yang aman dan menguntungkan, namun juga merupakan sarana bagi masyarakat untuk secara langsung berpartisipasi dalam membiayai pembangunan, khususnya pembangunan infrastuktur.

    "Selain itu, penerbitan Sukuk Negara Ritel juga merupakan sarana perluasan basis investor dan pendalaman pasar keuangan domestik, yang akan mendukung terciptanya stabilitas serta daya tahan perekonomian nasional," tutup dia.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id