comscore

Siap-Siap, PPN Naik Jadi 11% Mulai Besok

Eko Nordiansyah - 31 Maret 2022 11:31 WIB
Siap-Siap, PPN Naik Jadi 11% Mulai Besok
Ilustrasi pajak - - Foto: dok MI
Jakarta: Pemerintah mulai memberlakukan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 11 persen mulai besok, 1 April 2022. Kenaikan PPN ini sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

"Tarif Pajak Pertambahan Nilai yaitu sebesar 11 persen yang mulai berlaku pada tanggal 1 April 2022, dan sebesar 12 persen yang mulai berlaku paling lambat pada 1 Januari 2025," tulis ketentuan Pasal 7 Bab IV mengenai PPN dalam UU HPP, dikutip Medcom.id, Kamis, 31 Maret 2022.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya menjelaskan, kenaikan PPN untuk memperkuat ekonomi Indonesia dalam jangka panjang dan membantu membiayai APBN, khususnya Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Jadi kalau Indonesia dari 10 ke 11 persen itu untuk PPN ikut kontribusi dan tadi PPh-nya makin adil, menunjukkan perbedaan. Dan juga dari sisi untuk UMKM, masyarakat tidak mampu diberikan bantuan. Itu yang disebut konsep keadilan," ungkapnya.

Sri Mulyani membandingkan kenaikan PPN Indonesia menjadi 11 persen dengan negara-negara di G20 dan OECD. Menurut dia, rata-rata PPN di negara tersebut sekitar 15 persen atau bahkan 15,5 persen, sehingga PPN di Indonesia masih jauh lebih kecil.

Meski begitu, ia memastikan tidak seluruh barang dan jasa terkena kenaikan PPN menjadi 11 persen. Pemerintah akan memberikan tarif lebih rendah hingga pembebasan PPN terhadap beberapa jenis barang dan jasa tertentu.

Ia mengatakan barang dan jasa kebutuhan masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, dan barang pokok seperti beras akan dibebaskan dari PPN. Pasalnya barang dan jasa ini memang kebutuhan pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat banyak.

"Supaya mereka tidak terkena 11 persen, mereka diberikan kemungkinan untuk mendapatkan tarif yang hanya satu, dua, dan tiga persen. Itu juga konsep keadilan dari PPN," pungkas dia.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id