comscore

Takut APBN Jebol, Sri Mulyani Minta Pertamina Kendalikan BBM Subsidi

Annisa ayu artanti - 23 Mei 2022 18:56 WIB
Takut APBN Jebol, Sri Mulyani Minta Pertamina Kendalikan BBM Subsidi
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Foto : Medcom/Eko N.
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta kepada PT Pertamina (Persero) untuk benar-benar memantau penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG bersubsidi. Penyaluran BBM tersebut diusahakan benar tersalurkan kepada yang berhak.

Hal itu ditekankannya agar anggaran subsidi BBM yang terdapat pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak jebol. Sri Mulyani memaparkan subsidi energi, khususnya untuk BBM dan LPG sudah meningkat 50 persen pada 2022 jika dibandingkan dengan posisi 2021. Tercatat, subsidi untuk BBM dan LPG di 2021 hanya sebesar Rp23,2 triliun. Sementara pada tahun ini mencapai Rp34,8 triliun.
"Tentu kita akan minta kepada Pertamina untuk mengendalikan jumlah barang bahan baku energi, bahan bakar energi yang disubsidi. Karena kita tidak bisa membiarkan volumenya menjadi tidak terbatas," katanya dalam konferensi pers APBN KiTA, Senin, 23 Mei 2022.

Dalam bahan paparannya, kenaikan harga komoditas berdampak terhadap meningkatnya beban subsidi dan LPG. Adapun realisasi subsidi BBM dan LPG sampai dengan April 2022 sudah mencapai 44,8 persen dari pagu APBN 2022.

Sementara kompensasi BBM yang sudah dibayarkan kepada Pertamina atas penugasan penyediaan pasokan BBM dalam negeri sebear Rp18,1 triliun.

Lebih lanjut, Sri Mulyani juga menjelaskan, bahwa pihaknya juga sudah memperoleh persetujuan DPR mengenai tambahan alokasi subsidi dan kompensasi BBM dan LPG.

"Untuk tahun ini kita akan membayarkan tambahan subsidi sebesar Rp74,9 triliun, yaitu untuk BBM dan LPG Rp71,8 triliun dan listrik Rp3,1 triliun. Ditambah lagi dengan kompensasi, dimana kita memohon kepada DPR untuk menyetujui Rp270 triliun," pungkasnya.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id