Pertumbuhan Investasi Kuartal II Jadi Sinyal Positif bagi Perekonomian

    Eko Nordiansyah - 28 Juli 2021 16:57 WIB
    Pertumbuhan Investasi Kuartal II Jadi Sinyal Positif bagi Perekonomian
    Investasi. Foto : MI/Ramdani.



    Jakarta: Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu menyebut kinerja investasi kuartal II-2021 menunjukan perbaikan yang signifikan dalam menyerap investasi baik dari dalam maupun luar negeri dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang bertumbuh negatif.

    Pada kuartal II-2021, realisasi investasi tercatat sebesar Rp223 triliun. Realisasi investasi pada periode ini mengalami pertumbuhan sebesar 1,5 persen dibandingkan kuartal sebelumnya dan juga tumbuh 16,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

     



    "Hal ini didorong oleh kepercayaan investor bahwa pemerintah tetap bisa mengendalikan penyebaran covid-19 maupun varian barunya," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 28 Juli 2021.

    Ia menambahkan sentimen positif juga berasal dari upaya reformasi struktural melalui Undang-Undang (UU) Cipta Kerja yang diperkirakan memberikan kemudahan dan kepastian bagi investor. Kehadiran Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2021 juga diharapkan memberi kontribusi pada peningkatan investasi di Indonesia.

    "Implementasi reformasi struktural terutama untuk kemudahan berusaha pada UU Cipta Kerja dan turunannya ini akan terus dipercepat agar manfaatnya segera dapat dirasakan oleh investor. Sehingga, investasi terus dapat menjadi motor pertumbuhan ekonomi yang berkualitas," ungkapnya.

    Dari sisi administrasi, ia mencontohkan, integrasi perizinan melalui Online Single Submission (OSS) akan dilakukan dalam waktu dekat untuk terus memangkas waktu pengurusan perizinan. Dengan upaya ini diharapkan realisasi investasi bisa terus meningkat kedepannya.

    Realisasi investasi di kuartal II terdiri dari Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp116,8 triliun atau 52,4 persen dari total investasi. Sedangkan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) tercatat sebesar Rp106,2 triliun atau 47,6 persen dari total investasi yang masuk.

    Sementara untuk periode Januari hingga Juni 2021, realisasi investasi di Indonesia adalah Rp442,8 triliun. Realisasi investasi untuk semester I tahun ini sudah mencapai 49,2 persen dari target yang ditetapkan pemerintah yaitu Rp900 triliun.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id