Upaya Pemerintah Tangani Isu Perubahan Iklim

    Eko Nordiansyah - 30 Maret 2021 15:28 WIB
    Upaya Pemerintah Tangani Isu Perubahan Iklim
    Ilustrasi aksi unjuk rasa menyuarakan isu perubahan iklim - - Foto: dok AFP



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pendanaan menjadi isu penting dalam mengatasi perubahan iklim. Hal ini membuat semua negara di dunia termask Indonesia berupaya meningkatkan sumber pendanaan demi menjalankan program-program perubahan iklim.

    Di Indonesia, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) masih menjadi instrumen yang luar biasa penting untuk mengatasi perubahan iklim. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan berupa penerbitan surat utang negara atau sukuk yang berbasis program hijau (green bonds).






    "Penerbitan green bonds kita yang bertipe syariah yaitu sukuk telah menjadi salah satu milestone yang penting tidak hanya di Indonesia tetapi juga Global," katanya dalam webinar di Jakarta, Selasa, 30 Maret 2021.

    Selain mengandalkan rupiah murni, Indonesia juga memiliki kebijakan lain antara lain pembentukan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup dan SDG Indonesia One sebagai wadah penanganan masalah lingkungan.

    "Dua platform ini bertujuan mempertemukan berbagai kegiatan maupun perubahan iklim dengan sumber dananya baik dari APBN, mitra pembangunan, badan usaha, filantropis, individu dan lembaga multilateral," jelas dia.

    Di bidang perpajakan, pemerintah memberikan kebijakan tax holiday guna mendukung investasi baru untuk pengembangan dan membangun energi terbarukan. Selain itu, pemerintah menetapkan perbedaan tarif PPnBM kendaraan berdasarkan emisi CO2.

    "Dari sisi belanja, APBN selama lima tahun terakhir rata-rata belanja kementerian/lembaga mencapai Rp86,7 triliun per tahun, dimana 88,1 persen adalah belanja untuk infrastruktur hijau atau green infrastructure. Selain belanja K/L juga ke pemda transfer ke daerah untuk mendukung climate change," pungkasnya.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id