Sri Mulyani Jamin Tak Ada Pengurangan Bansos Tahun Depan

    Eko Nordiansyah - 02 September 2020 18:49 WIB
    Sri Mulyani Jamin Tak Ada Pengurangan Bansos Tahun Depan
    Ilustrasi penyaluran bansos - - Foto: Antara/ Yulius Satria Wijaya
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjamin tidak ada pengurangan alokasi bantuan sosial (bansos) pada tahun depan. Bantuan pemerintah ini tetap disalurkan ke masyarakat sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

    "Sebetulnya kita tidak turunkan target, yang sudah ada nama alamat di Kemensos DTKS itu kita pertahankan, tidak dikurangi," kata Ani sapaannya dalam rapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu, 2 September 2020.

    Ani menambahkan bansos tahun depan melanjutkan sejumlah program yang sudah diluncurkan tahun ini. Misalnya Program Keluarga Harapan (PKH) ataupun kartu sembako.

    "Kalau belanja sosial, kita gunakan bantuan yang sudah established yakni PKH sembako itu berarti 20 juta. Sampai saat ini angkanya 18,8 juta, kami tidak turunkan. Patokan anggaran sampai 20 juta, tapi targeting-nya 18,8 juta," ungkapnya.

    Tahun depan pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp356,5 triliun sebagai lanjutan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dari jumlah itu, sebanyak Rp110,2 triliun dialokasikan untuk perlindungan sosial bagi masyarakat menengah ke bawah.

    Adapun kendala dalam pemberian bansos berupa ketersediaan data yang lengkap. Termasuk akun rekening penerima. Jika data tidak lengkap, pemerintah kesulitan untuk menjalankan program sosial tersebut.

    "Kita sudah gunakan program established, perlu di-scale up itu masih bisa jalan seperti di tempat Pak Mensos itu PKH ditambahkan, kemudian sembako diberi Rp500 ribu karena sudah by name by address. Yang sulit adalah kalau nama alamat belum ada," pungkasnya.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id