Pilkada Serentak Tahun Ini Tak Bantu Dongkrak Ekonomi

    Annisa ayu artanti - 24 September 2020 18:26 WIB
    Pilkada Serentak Tahun Ini Tak Bantu Dongkrak Ekonomi
    Pilkada. Foto : Medcom.id.
    Jakarta: Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2020 dinilai tidak akan menyumbang efek signifikan terhadap ekonomi Indonesia tahun ini. Hal tersebut bertentangan dengan prediksi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang menyebut Pilkada 2020 berpotensi mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

    Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro mengatakan, tak seperti sebelum-sebelumnya, pesta demokrasi yang diadakan secara meriah ini terbentur oleh pandemi covid-19. Sehingga efek domino yang diciptakan tidak terlalu terasa imbasnya.

    "Di kuartal IV saya kira bukan gara-gara Pilkada. Mungkin ada dampaknya, tapi mungkin kecil," kata Andry dalam paparan economy outlook secara virtual, Kamis, 24 September 2020.

    Andry juga menuturkan konsumsi masyarakat yang biasa tercipta karena adanya Pilkada diprediksi menurun karena tidak ada kampanye atau arak-arakan yang biasa dilakukan.

    "Jadi, kita jangan bayangkan dampaknya itu akan sebesar ketika pilkada langsung, arak-arakan masif, kemudian dampak pada percetakan kaos dan sebagainya," ucapnya.

    Menurutnya, dalam kondisi ini bantuan sosial yang diberikan pemerintah masih menjadi pemeran utama dalam mendorong laju perekonomian.

    "Artinya kalau kita lihat dengan pertumbuhan yang ada sekarang mungkin dampak yang lebih besar adalah stimulus pemerintah dibandingkan Pilkada yang terjadi," pungkasnya.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id