Jokowi Sebut Ekonomi RI 2019 hanya 5,04%

    Desi Angriani - 28 November 2019 11:10 WIB
    Jokowi Sebut Ekonomi RI 2019 hanya 5,04%
    Presiden Joko Widodo. FOTO: AFP.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo pesimistis pertumbuhan ekonomi 2019 akan sesuai dalam target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 5,3 persen. Ekonomi tahun ini pun diprediksi tumbuh di kisaran 5,04-5,05 persen.

    "Saya kira pertumbuhan ekonomi kita tahun ini mungkin 5,04 persen atau 5,05 persen," kata Jokowi dalam pembukaan Kompas 100 CEI Forum Tahun 2019, di Grand Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis, 28 November 2019.

    Jokowi mengungkapkan perlambatan ekonomi dalam negeri disebabkan oleh tekanan eksternal seperti perang dagang AS-Tiongkok, persaingan geopolitik, isu Brexit hingga gejolak di Amerika Latin.

    Indikator global itu turut memengaruhi prediksi Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional terhadap pertumbuhan ekonomi dunia. Bahkan, IMF memangkas proyeksi ekonomi global sebanyak empat kali menjadi tiga persen tahun ini.

    "Begitu tahun depan dengan kondisi ekonomi global yang menurut bank dunia, IMF juga kemungkinan bisa turun lagi," ungkap dia.

    Menurutnya risiko penurunan ekonomi dapat diatasi dengan menjaga fiskal tetap prudent dan sehat. Termasuk menjaga makroekonomi dalam negeri seperti inflasi dan angka kemiskinan.

    Namun perputaran ekonomi justru bergantung pada swasta dan BUMN. ABPN hanya sebagai pemicu atau berkontribusi sebesar 14 persen terhadap ekonomi RI.

    "APBN hanya memicu, men-trigger, menstimulasi agar ekonomi kita bisa berjalan tapi 86 persen yang menentukan swasta dan BUMN," ungkap dia.

    Namun demikian, Jokowi meyakini ekonomi tahun depan akan membaik seiring perbaikan kondisi internal. Apalagi Indonesia masih menempati posisi ke-3 setelah Tiongkok dan India berdasarkan keanggotan negara G20.

    "Indonesia di posisi ranking ke-3 perlu kita syukuri dan kita sering lupakan, sehingga rasa optimisme ini harus terus kita tebarkan," pungkas dia.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id