Kominfo Sumbang PNBP Terbesar Kedua setelah Sektor Energi

    Farhan Dwitama - 22 November 2017 11:37 WIB
    Kominfo Sumbang PNBP Terbesar Kedua setelah Sektor Energi
    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. (FOTO: MTVN/Farhan Dwitama)
    Tangerang: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebutkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dihasilkan kementeriannya menembus Rp21 triliun atau terbesar kedua setelah sektor energi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

    "PNBP kominfo nomor dua setelah minyak, tahun ini kita akan berkontribusi Rp21 triliun. Padahal anggarannya hanya Rp5 triliun," katanya dalam kuliah umum bertajuk memperkuat keamanan siber nasional, di UMN, Kabupaten Tangerang, seperti diberitakan Rabu, 22 November 2017.

    Dia mengatakan, pada 2018, anggaran terbesar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan digunakan untuk literasi siber kepada semua lapisan masyarakat. Pasalnya saat ini literasi siber di masyarakat Indonesia masih cukup rendah, sehingga masyarakat dengan mudah terprovokasi oleh arus informasi yang tersebar di dunia maya tersebut.

    "Alokasi anggaran Kominfo 2018 lebih besar kepada literasi, karena nanti literasi-literasi terus," ucapnya.

    Dia juga akan menggandeng seluruh strata agama yang ada di Indonesia, untuk menyebarluaskan pengetahuan siber kepada semua lapisan dan elemen masyarakat.

    "Karena berdasarkan strata agama, tokoh agamanya yang lebih didengar, ketimbang saya sebagai menteri. Kita datang ke MUI, ke KWI, Uskup Jakarta, PGI, saya minta para tokoh ini membantu kami, di siber kreasi," tegas Rudi.

    Menurut dia, siber kreasi adalah gerakan masyarakat melalui pendekatan-pendekatan komunitas agama, sosial, dan sebagainya untuk menghalau masalah negatif di keamanan siber.

    "Tentu masalah positif juga lebih banyak lagi," pungkas dia.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id