comscore

Bangun Ibu Kota Baru Tak Boleh Pakai Dana PEN, Sri Mulyani Santai

Eko Nordiansyah - 19 Januari 2022 18:27 WIB
Bangun Ibu Kota Baru Tak Boleh Pakai Dana PEN, Sri Mulyani Santai
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok Kemenkeu
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku santai bila anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tidak boleh digunakan untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Pemerintah bisa merealokasi anggaran lain.
 
"Kalau PEN enggak bisa dihubungkan dengan IKN, ya enggak apa-apa juga. PEN tetap saja, nanti kita akan menggunakan pos di dalam Kementerian PUPR," katanya dalam rapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu, 19 Januari 2022.
 
Ia menegaskan pemerintah bisa menggunakan alokasi anggaran yang mencapai Rp110 triliun di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebut, realokasi anggaran memiliki dasar dan landasan hukum yang jelas.
 
"Kalau kita akan melakukan beberapa realokasi, seperti refocusing pasti ada alasannya dan ada dasarnya. Tapi kalau, kita bisa saja melihat dari sisi landasan hukum yang dianggap harusnya konsisten, saya juga tidak ada masalah," ungkapnya.
 
Ia menambahkan, APBN termasuk PEN di dalamnya merupakan alat (tools) yang digunakan pemerintah untuk mencapai cita-cita negara. Apalagi penggunaan dana PEN untuk pembangunan IKN ini juga dilakukan dalam rangka pemulihan ekonomi, karena bisa menciptakan aktivitas di daerah.
 
"Kami itu selalu menggunakan tools untuk jagain Indonesia. Dan kebutuhan Indonesia itu macam-macam banyak sekali, tapi itu tetap akuntabel, harus sesuai dengan undang-undang. Jadi kami tidak ada masalah mengenai hal itu," pungkasnya.
 
Anggota Komisi XI DPR Fraksi Demokrat Marwan Cik Asan sebelumnya mengingatkan agar Sri Mulyani tidak sembarangan menggunakan dana PEN untuk pembangunan IKN karena bisa melanggar peraturan perundang-undangan.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id