12 BUMN Dapat Suntikan Rp52,57 Triliun dari Pemerintah

    Eko Nordiansyah - 03 Juni 2020 14:50 WIB
    12 BUMN Dapat Suntikan Rp52,57 Triliun dari Pemerintah
    Ilustrasi Gedung Kementerian BUMN - - Foto: Antara/ Wahyu Putro
    Jakarta: Pemerintah akan menyuntikkan modal sebesar Rp52,57 triliun untuk 12 Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tambahan dana ini sebagai dukungan pemerintah kepada BUMN dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

    Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan ke-12 BUMN ini dianggap memiliki pengaruh terhadap kebutuhan masyarakat. Pertimbangan lainnya adalah status sovereign BUMN dan exposure yang besar terhadap sistem keuangan.

    "Dan dimiliki pemerintah dengan aset total yang dimilikinya cukup besar. Dalam program PEN ada 12 BUMN yang mendapat dukungan," kata dia usai rapat terbatas di Jakarta, Rabu, 3 Juni 2020.

    Perusahaan pelat merah tersebut antara lain, PT PLN (Persero). PLN akan mendapatkan tambahan untuk subsidi diskon listrik yang diperpanjang, penyertaan modal negara, dan pembayaran kompensasi dari piutang pemerintah yang akan dibayarkan dengan total Rp45,4 triliun.

    Kemudian PT Hutama Karya (Persero) mendapatkan tambahan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp7,5 triliun dari Rp3,5 triliun sehingga menjadi Rp11 triliun. PT KAI juga mendapat tambahan dana talangan sebesar Rp3,5 triliun.


    "Bahana yang menangani Jamkrindo dan Askrindo akan mendapatkan PMN sebesar Rp6 triliun dalam rangka program penjaminan kredit modal kerja darurat, dan PMN nontunai Rp268 miliar," ungkapnya.

    Selanjutnya, PTPN yang akan mendapatkan dana talangan pinjaman modal kerja sebesar Rp4 triliun. Tambahan PMN bagi PT PMN dari Rp1 triliun menjadi Rp2,5 triliun untuk penyaluran pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dan kredit Mekaar dengan pinjaman di bawah Rp10 juta.

    "Ada dua BUMN yang dalam hal ini Pak Erick (Menteri BUMN) akan sampaikan (mekanismenya), yaitu PT  Garuda Indonesia dan PT Krakatau Steel yang diberi dana talangan," jelas dia.

    Pemerintah juga akan membayarkan kompensasi bagi PT Pertamina (Persero). Selain itu, ada Perumnas yang akan mendapatkan dana bantuan Rp659 miliar, ITDC mendapatkan dukungan PMN Rp500 miliar, dan Bulog yang akan mendapatkan PMN Rp10,5 triliun untuk penyaluran bansos. 




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id