Anggaran Kesehatan Baru Terealisasi 5,12%

    Eko Nordiansyah - 08 Juli 2020 13:12 WIB
    Anggaran Kesehatan Baru Terealisasi 5,12%
    Ilustrasi. Foto: Antara/Sigid Kurniawan
    Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut realisasi anggaran kesehatan untuk penanganan covid-19 baru terealisasi 5,12 persen. Adapun pemerintah menyiapkan anggaran untuk sektor ini mencapai Rp87,55 triliun dalam program pemulihan ekonomi nasional.

    "Serapan anggaran kesehatan dari Rp87,55 triliun sudah 5,12 persen," kata Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kemenkeu Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam video conference di Jakarta, Rabu, 8 Juli 2020.

    Kunta menjelaskan lambatnya realisasi anggaran kesehatan karena proses pencairan klaim biaya perawatan hingga insentif tenaga medis yang panjang. Hal ini membuat keterlambatan klaim yang sudah disalurkan kepada kementerian/lembaga terkait tetapi belum dicairkan.

    Untuk itu, pemerintah mengeluarkan aturan yang bisa mempercepat realisasi anggaran di bidang kesehatan ini. Baik Kementerian Kesehatan maupun Kemenkeu telah menerbitkan aturan relaksasi agar pencairan anggaran penanganan covid-19 di bidang kesehatan bisa segera direalisasikan.

    "Melalui Permenkes sudah keluar, lalu ada PMK untuk menentukan berapa per daerah nanti perkiraan jumlah tenaga kesehatan yang mendapat insentif, dan biaya rumah sakit sudah ada uang muka sehingga klaim bisa dibayar uang muka. Dokumennya bisa sambil berjalan," ungkap dia.

    Anggaran kesehatan sendiri terdiri dari belanja penanganan covid-19 Rp66,8 triliun, insentif tenaga medis Rp5,9 triliun, santunan kematian Rp300 miliar, bantuan iuran JKN Rp3 triliun, gugus tugas covid-19 Rp3,5 triliun, dan insentif perpajakan di bidang kesehatan Rp9,05 triliun.
     

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id