Pemerintah Siapkan Rp3,3 Triliun untuk Vaksin Covid-19 Tahun Ini

    Eko Nordiansyah - 04 September 2020 22:54 WIB
    Pemerintah Siapkan Rp3,3 Triliun untuk Vaksin Covid-19 Tahun Ini
    Ilustrasi anggaran covid-19 - - Foto : MI/ Ramdani
    Jakarta: Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp3,3 triliun untuk pengadaan vaksin covid-19 tahun ini. Dalam beberapa tahun ke depan (multiyears), pemerintah menyiapkan dana sekitar Rp37 triliun untuk program pengadaan vaksin.

    "Vaksin sudah tersedia dan diharapkan untuk down payment tahun ini Rp3,3 triliun," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam video conference di Jakarta, Jumat, 4 September 2020.
     
    Tahun ini dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), pemerintah mengalokasikan dana Rp87,5 triliun untuk penanganan covid-19 di bidang kesehatan. Hingga akhir Agustus 2020, realisasi sektor ini sebesar Rp13,97 triliun.
     
    Anggaran kesehatan digunakan untuk belanja penanganan covid-19 Rp66,8 triliun, insentif tenaga medis Rp5,9 triliun, santunan kematian Rp300 miliar, bantuan iuran JKN Rp3 triliun, gugus tugas covid-19 Rp3,5 triliun, dan insentif perpajakan di bidang kesehatan Rp9,05 triliun.
     
    Sementara itu, Airlangga mengklaim rata-rata angka kesembuhan (recovery rate) di Indonesia mencapai 71,7 persen atau lebih tinggi dari global. Sementara angka kematian (fatality rate) tercatat sebesar 4,2 persen.
     
    Untuk itu, pemerintah berencana memberikan insentif bagi daerah yang bisa mengendalikan covid-19. Rencananya mereka akan mendapat Dana Insentif Daerah (DID) yang kini masih dibahas antar kementerian terkait.
     
    "Dan tentu hal-hal yang perlu ditangani di delapan daerah utama dipertimbangkan buat mendapat DID, agar ada insentif apabila terkonversi dari daerah kuning ke hijau. Nah ini akan ditindaklanjuti oleh Kemendagri, Kemenkeu, dan Kemenkes," ungkap dia.
    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id