Luhut Ingin Pengelolaan Dana Abadi RI Berjalan Bulan Depan

    Antara - 12 September 2020 15:30 WIB
    Luhut Ingin Pengelolaan Dana Abadi RI Berjalan Bulan Depan
    Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Pandjaitan - - Foto: Antara/ Hafids Mubarak A
    Jakarta: Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menginginkan Sovereign Wealth Fund (SWF) atau pengelolaan dana abadi yang dimiliki negara mulai berjalan pada Oktober 2020. Dana tersebut akan mendorong pembangunan infrastruktur di tengah pandemi lantaran tidak membebani APBN.

    "Kita berharap bulan depan SWF sudah bisa mulai berjalan. Ini adalah kerja sama IDFC, JBIC, Australia, Abu Dhabi dan beberapa pihak lain. Ini dapat mendorong pembangunan infrastruktur," katanya dikutip dari Antara, Sabtu, 12 September 2020.

    Luhut menjelaskan dana abadi yang dikelola negara bisa diinvestasikan untuk pembangunan jalan tol. Namun, pembangunan proyek strategis nasional ini harus mengedepankan aspek efisiensi.

    "Studi sangat penting kalau Sovereign Wealth Fund (SWF) masuk ke Indonesia dan berinvestasi di jalan tol, mereka akan melihat efisiensi. Pengalaman kami, masalah pembebasan tanah, adalah salah satu hal yang harus betul-betul dicermati. Ini hal kecil tapi kan bisa sangat mengganggu jika tidak cermat menghitungnya," terang dia.

    Ia menambahkan sepanjang 1978-2014, jalan tol yang dibangun pemerintah sekitar 795 kilometer (km). Namun, sejak enam tahun terakhir atau sepanjang kepemimpinan Presiden Jokowi telah terbangun 1.371 km.

    "Ini karena Presiden yang rajin membangun infrastruktur dan jenderal lapangannya adalah Pak Basuki (Menteri PUPR), saya apresiasi beliau. Sampai 2024 nanti 4.700 km tol akan selesai dibangun. Menurut saya ini pencapaian yang luar biasa," pungkas dia.


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id