Manfaatkan Layanan Digital, Sri Mulyani Ingin Penyaluran Bansos Tepat Sasaran

    Eko Nordiansyah - 11 November 2020 17:07 WIB
    Manfaatkan Layanan Digital, Sri Mulyani Ingin Penyaluran Bansos Tepat Sasaran
    Menkeu Sri Mulyani. Foto : Medcom/Eko.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut salah satu manfaat dari adanya layanan digital adalah penyaluran bantuan sosial (bansos) yang lebih tepat sasaran. Menurut dia, bantuan pemerintah harus bisa dilakukan secara efektif dan efisien.

    Ia mengatakan pemerintah saat ini diharuskan untuk memiliki data lengkap mengenai penerima bantuan. Bukan hanya siapa penerimanya, tetapi termasuk alamatnya (by address), rekening bank (account number), hingga lokasinya (by location).

    "Kita bayangkan, kalau tidak punya database, sekarang dengan digital economy, sebenarnya collection data dan updating sebenarnya jadi lebih mudah dan murah," kata dia dalam webinar Indonesia Fintech Summit 2020 di Jakarta, Rabu, 11 November 2020.

    Untuk itu, pemerintah saat ini tengah melakukan pendataan terhadap penduduk yang memiliki penghasilan rendah. Bahkan tidak hanya 20 persen kelompok masyarakat terbawah saja tetapi juga 35 persen kelompok masyarakat terbawah.

    "Ini yang sekarang kita mintakan untuk targeting ke 20 persen atau 35 persen masyarakat berpendapatan paling rendah. Itu dilakukan pemerintah daerah, tapi kami, menteri sosial dan menteri dalam negeri kerja sama untuk mendorong itu," ungkapnya.

    Selain bantuan kepada individu, pemerintah juga tengah mendata para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Saat ini pemerintah telah memberikan bantuan presiden produktif bagi UMKM sebesar RP2,4 juta, ditambah subsidi bunga dan dukungan bantuan lainnya.

    "Jadi, ini adalah perlunya untuk mengintegrasikan dan memungkinkan untuk eksekusi secara lebih efektif, efisien dan tepat sasaran. Juga bisa minimalkan yang disebut exclusion dan inclusion error," pungkas dia.  

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id