Sri Mulyani Masih Optimistis Ekonomi Tumbuh 5% Tahun Ini

    Eko Nordiansyah - 16 Februari 2021 17:06 WIB
    Sri Mulyani Masih Optimistis Ekonomi Tumbuh 5% Tahun Ini
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: Antara/ Rivan Awal Lingga



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku masih optimistis dengan pertumbuhan ekonomi RI  tahun ini. Angka pertumbuhan ekonomi diproyeksi bisa mencapai lima persen sesuai dengan target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.

    Dalam kerangka APBN tahun ini, pemerintah menetapkan target pertumbuhan ekonomi antara 4,5-5,5 persen. Namun, target pertumbuhan ekonomi tetap akan bergantung pada pencapaian di kuartal I-2021.




    "Jadi kita nanti akan lihat kuartal I ini. Tapi range ini menggambarkan kita akan masih optimistis di sekitar lima persen untuk 2021," katanya dalam video conference di Jakarta, Selasa, 16 Februari 2021.

    Ia menambahkan berbagai indikator perekonomian mengalami perbaikan pada kuartal I tahun ini meski masih ada pembatasan kegiatan masyarakat. Pemerintah pun berupaya menjaga momentum pemulihan ekonomi dari kuartal sebelumnya.

    "Dengan kuartal I yang cukup solid, kita akan jaga supaya di kuartal II dan kuartal II akan rebound, atau recover-nya makin dipercepat. Sekarang range-nya agak bergeser, tapi point estimate kita ada di lima persen," ungkap dia.

    Tahun lalu, pertumbuhan ekonomi nasional mengalami kontraksi 2,07 persen imbas pandemi covid-19. Meski tidak terlalu buruk dibandingkan dengan negara lain, namun Sri Mulyani enggan terlena dan tetap memonitor pemulihan ekonomi nasional.

    "Itu tidak terlalu buruk dibanding negara lain yang kontraksinya jauh lebih dalam. Namun kita tidak terlena. masih ada PR kita harus memulihkan ekonomi masuk dalam zona positif dan kita berharap tahun ini, 2021 pertumbuhan ekonomi bisa kembali pada kisaran 4,3-5,5 persen," pungkasnya.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id